Hasil Pencarian :: Kembali

Ditemukan 45630 dokumen yang sesuai dengan query ::  Simpan CSV
cover
Dhewi Mega Sari; Pembimbing: Chandra Satrya; Penguji: Syaaf, Ridwan Zahdi; Kusminanti, Yuni
Abstrak: Skripsi ini membahas distribusi tingkat keparahan kecelakaan lalu lintas di kampus X tahun 2014-2016.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif observasional.Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah total sampling, yaitu menggunakan seluruh data kecelakaan yang terjadi di Kampus X tahun 2014-2016 dengan kriteria inklusi yaitu data kecelakaan yang tercatat lengkap dalam laporan petugas UPT PLK Kampus X yang berjumlah 156 kasus dari 291 kasus.
 
Hasil penelitian menyatakan 54.3 kecelakaan non-sivitaskampus, 60 adalah kecelakaan tunggal, 66 melibatkan motor, 21 terjadi diantara pukul 10.00-12.59WIB. Faktor manusia yang berkontribusi adalah 95.5 lengah, 71.8 lelah dan sisanya dipengaruhi oleh kondisi pengemudi mengantuk, tidak tertib dan kecepatan ge;40 km/jam. Sementara penggunaan APD tidak berpengaruh.Faktor kendaraan kurang berpengaruh. Faktor jalan dan lingkungan adalah 55.8 kondisi jalan yang menikung, 34.6 kondisi jalan tidak rata dan sisanya adalah kondisi jalan licin dan cuaca hujan, kondisi jalan bergelombang tidak berpengaruh.Sebanyak 78.8 korban kecelakaan mengalami luka ringan, 19.2 mengalami luka berat dan 1.9 dinyatakan meninggal.
 
Faktor yang berpengaruh pada luka ringan adalah lengah, lelah, kecepatan ge;40 km/jam, dan kondisi jalan menikung.Faktor yang berpengaruh pada luka berat adalah lengah, kecepatan ge;40km/jam, dan kondisi jalan menikung.Faktor yang berpengaruh pada korban meninggal adalah lengah, tidak tertib, kecepatan ge;40km/jam dan kondisi jalan menikung. Disarankan agar petugas lebih meningkatkan pengawasan pada jalan menikung yang ada di kampus, mengawasi kecepatan kendaraan dan selalu menghimbau untuk berkendara dalam kondisi fit.
 

This study discusses the distribution of the severity of traffic accidents on campus X 2014 2016. This study uses an observational quantitative method. The sample used in this research is total sampling, that is using all accident data that happened in Campus X year 2014 2016 with inclusion criteria that is accident data recorded in complete report of UPT PLK Campus X officer amounted to 156 cases from 291 cases.
 
The result of the study stated that 54.3 of campus non campus accidents, 60 were single accidents, 66 involving motor, 21 occurred between 10.00 12.59WIB. The contributing human factor is 95.5 off guard, 71.8 tired and the rest is affected by sleepy, disorderly driver condition and speed ge 40 km h. While the use of PPE has no effect. Vehicle factors are less influential. Road and environmental factors are 55.8 curved road conditions, 34.6 uneven road conditions and the rest are slippery road conditions and rainy weather, wavyroad conditions have no effect.As many as 78.8 of casualty casualties suffered minor injuries, 19.2 were seriously injured and 1.9 were declared dead.
 
Factors that affect the minor injuries are careless, tired, speed ge 40 km h, and cornering road conditions. Factors affecting severe injuries are unmindful, ge 40km h speed, and cornering conditions. Factors that affect the victim died was off guard, not orderly, speed ge 40km h and cornering conditions. It is recommended that officers improve supervision on the cornering roads that are on campus, keep an eye on the speed of the vehicle and always urge to drive in a fit state.
Read More
S-9516
Depok : FKM-UI, 2017
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Asep Zaenal Muttaqien; Pembimbing: Mila Tejamaya; Penguji: Hendra, Antonius Sulistya Wibowo, Masjuli
Abstrak: Angka kematian yang diakibatkan kecelakaan lalu lintas masih sangat tinggi, datamenunjukan terdapat 1,3 juta orang meninggal karena kecelakaan lalulintas.Tingginya angka kecelakaan yang menyebabkan kematian, cacat permanen,kerusakan properti yang cukup besar menjadi salah satu hambatan dalamperkembangan usaha terutama dalam bidang logistik dan transportasi. PT Xmerupakan salah satu perusahaan beton yang memiliki permasalahan terhadaptingginya angka kecelakaan yang terjadi dibidang transportasi. Berdasarkan datakecelakaan yang terjadi di PT X dari Tahun 2008 sampai dengan Tahun Tahun 2014,dapat diketahui bahwa angka kecelakaan disektor transportasi merupakan kecelakaanyang paling banyak terjadi setiap tahunnya dibandingkan kecelakaan kerja yang lain.Total kecelakaan kerja yang terjadi dari Tahun 2008 sampai dengan Tahun 2014adalah sebesar 159 kasus, dimana jumlah kecelakaan di sektor transportasi adalahsebesar 131 kasus sedangkan kecelakaan non-transportasi sebanyak 28 kasus.Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kecelakaan transportasi di PT X berdasarkanklasifikasi faktor manusia adalah pengemudi kurang terampil, pengemudi kurangpengamatan, pengemudi tidak disiplin dan pengemudi lelah. Faktor kendaraan terdiridari rem blong dan kendaraan kurang perawatan. Faktor lingkungan terdiri dari jalanamblas, jalan menikung, jalan sempit, jalan licin, jalan rusak berlubang, blind spotdan keamanan.
Kata Kunci : Matrik Haddon, Kecelakaan Transportasi, Road safety.
The traffic accident rate is still high, there was 1,3 million people die caused roadaccident. The high number of accidents resulting in death, permanent disability,property damage is large enough to be one of the obstacles in the development ofbusiness, especially in logistics and transportationPT X is one of the concretecompany that has a problem with the high number of accidents that occurred intransportation. Based on data from the accident that occurred in PT X from 2008 untilthe year 2014, it is known that the number of accidents transportation sector is themost common accidents each year than other occupational accidents. Total accidentsthat occurred from 2008 to 2014 amounted to 159 cases, where the number ofaccidents in the transport sector amounted to 131 cases while non-transport accidentsas many as 28 cases.The Accident factors that could cause transport accidents in PT X could be classifybased on of the human factor are less skilled driver, the driver's lack of observation,the driver does not discipline and driver fatigue. The vehicle factors are consists of avehicle brake failure and lack of maintenance. The environmental factors consist ofcollapsed road, street corners, narrow roads, slippery roads, bad roads potholes, blindspot and security.
Key words : Haddon Matrix, Traffic Accident, Road safety.
Read More
T-4442
Depok : FKM UI, 2015
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Dineu Novianti; Pembimbing: Zulkifli Djunaidi; Penguji: Dadan Erwandi, Yuni Kusminanti
S-4443
Depok : FKM-UI, 2005
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Kezia Adelaide; Pembimbing: Dadan Erwandi; Penguji: Fatma Lestari, Dramayadi
S-7222
Depok : FKM UI, 2012
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Sefina Nurhayati; Pembimbing: Dadan Erwandi; Penguji: Indri Hapsari Susilowati, Iptu Nurasih Romadloni
Abstrak: Skripsi ini membahas tentang gambaran risiko kecelakaan lalu lintas pada pejalan kaki di wilayah Jakarta Timur. Penilaian risiko tersebut berdasarkan atas tindakan aman atau tidak aman dan kondisi aman atau tidak aman. Yang bertujuan untuk melihat besarnya risiko kecelakaan dari pejalan kaki di wilayah tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif.
 
Hasil penilitian ini menyatakan bahwa tindakan tidak aman dan kondisi tidak aman mendominasi timbulnya risiko kecelakaan di wilayah tersebut. Oleh karena itu perlu diadakan perbaikan fasilitas penyeberangan, rekayasa fasilitas penyeberangan, relokasi area perdagangan, penegakan peraturan lalu lintas dan pengawasan dari aparat hukum.
 

Focus of this study is risk description of traffic accident in pedestrian at east Jakarta region. Risk assessment is based on safe or unsafe acts and safe or unsafe conditions. Which aims to see the huge risk of pedestrian accidents in the region. This research is a qualitative descriptive design.
 
The studies suggested that the result of unsafe acts and unsafe conditions dominate the onset of the risk of accident in the region. It is repairs pedestrian facilities, engineering of pedestrian facilities, relocation of trade area, traffic law enforcement and supervision of law enforcement agencies.
Read More
S-7711
Depok : FKM-UI, 2013
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Pramudia Muldan; Pembimbing: Zulkifli Djunaidi; Penguji: Dadan Erwandi, Darmayadi
S-6404
Depok : FKM UI, 2011
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Ririen Nathalia Anggita; Pembimbing: Chandra Starya; Penguji: Zulkifli Djunaidi, Eva Dewi Puspitasari
Abstrak: Perusahaan X adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi beton, dimana pada proses kerja melibatkan alat transportasi seperti truck, tanki, loader, mobil, dan lain sebagainya. Jenis kecelakaan kerja yang sering terjadi berupa kecelakaan kerja lalu-lintas. Pengendalian-pengendalian telah dilakukan dan diterapkan namun angka kecelakaan tetap saja tinggi. Agar pengendalian tepat sasaran, diperlukan analisis atau kajian terhadap bahaya dan risiko keselamatan lalu-lintas di dalam plant perusahaan X. Analisis risiko yang tajam dan mendalam menghasilkan pengendalian yang tepat sasaran. Analisis risiko dilakukan dengan menggunakan standard AZ/NZS 4360 : 2004 dengan mempertimbangkan probability, konsekuensi, dan tingkat risikonya. Metode yang digunakan adalah kualitatif bersifat deskriptif melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 32 potensi bahaya dan 46 risiko keselamatan lalu lintas di dalam plant perusahaan X dimana hasil analisis tingkat risiko berdasarkan pengendalian yang sudah ada, terdapat 16 risiko sangat tinggi, 15 risiko tinggi, 5 sedang, dan 10 rendah. Enam belas risiko sangat tinggi merupakan 12 faktor pengendara dab 4 faktor jalan. Kata Kunci: Analisis Risiko, Keselamatan Lalu-lintas, Kecelakaan Kerja, Kecelakaan Lalu-Lintas, Pengendara, Jalan, Kendaraan, Lingkungan.
X company is one of a company that produce ready use concrete. Most of their work process are involving vehicle (truck, tank, loader, car, etc). The type of workplace accident that usually happened is traffic accident. Controls are being planned and applied, but the accident still happen. To make an appropriate controls, company needs to do the risk analysis about risk, hazard, and unexpected event in the plant. Risk analysis can be done by the use of AS/NZS 4360 : 2004 standard and assess the probability, consequences, and level of risk. Method that used is descriptive-qualitative including observation and deep interview. The result showed that the potential hazard found are 32 and risk found are 46, which is the level of risk is 16 extremely high, 15 high, 5 moderete, and 10 low. Keywords: Risk Analysis, Traffic Safety, Workplace Accident, Traffic Accident, Road, Vehicle, Road User, Environment.
Read More
S-8914
Depok : FKM-UI, 2016
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Fuji Desfirtani Syarif; Pembimbing: Dadan Erwandi; Penguji: Ridwan Z. Syaaf, Dramayadi
Abstrak: Skripsi ini membahas tentang persepsi pengendara motor online terhadap kecelakaan lalu lintas di Kota Depok Tahun 2016. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan bersifat deskripsi analitik dengan desain studi potong lintang (cross sectional). Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 250 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara langsung kepada responden. Hasil penelitian terdapat hubungan antara pengalaman dan peraturan tata cara berkendara yang dimiliki pengendara, dengan persepsi risiko pengendara motor online PT X terhadap kecelakaan lalu lintas di Kota Depok.
Kata kunci : Persepsi, risiko, pengendara motor.

This discuss a thesis about the perception of rider online motor PT X for traffic accident in depok 2016 . This research was conducted with quantitative methods and character descriptions analytic cross-sectional study design (cross-sectional). The sample used in this research totaled 250 people .Adoption of the data done by spreading kuisioner directly to respondents The results of the study there is a relationship between experience and regulatory ordinances owned motorists drive, with the risk perception rider online motor PT X to traffic accidents in the city of Depok.
Keyword : Perception, risk, Driver.
Read More
S-9171
Depok : FKM UI, 2016
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Lisda Dwi Rahayu; Pembimbing: Mila Tejamaya; Penguji: Zulkifli Djunaidi, Harry Patria, Hadi Pranoto
Abstrak: Data statistik kecelakaan lalu lintas dunia dalam Global Status Report on Road Safety disebutkan bahwa setiap tahun, di seluruh dunia, lebih dari 1,25 juta korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas dan 50 juta orang luka berat. Hingga saat ini kecelakaan di jalan masih menjadi masalah di banyak industri, termasuk industri hilir minyak dan gas. PT. YY merupakan perusahaan distribusi minyak dan gas yang terus berupaya dalam mengendalikan risiko kecelakaan lalu lintas mobil tangki dengan menambah jumlah kendaraan dan awak mobil tangka (AMT). Penelitian ini menganalisis indikator kinerja dan faktor-faktor yang berkontribusi pada keparahan kecelakaan lalu lintas mobil tangki yang terjadi pada PT. YY tahun 2017-2019. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain studi retrospektif untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian kecelakaan mobil tangki di PT. YY. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang tersedia di PT YY. Terdapat 166 data kecelakaan lalu lintas mobil tangki yang diikutsertakan dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan Road Accident Rate PT.YY Tahun 2017-2019 mengalami penurunan dari 0,36 menjadi 0,27. Begitu juga dengan fluktuasi Motor Vehicle Crash Rate (MVCR) mengalami penurunan dari 0,15 menjadi 0,05. Begitu juga severity mengalami penurunan selama periode 2017-2019. Berdasarkan jenis kecelakaan mobil tangki yang terjadi di PT.YY, 67,47% merupakan kecelakaan pasif, yaitu disebabkan faktor eksternal sisanya 32,53% merupakan kecelakaan aktif, yaitu disebabkan faktor internal. Sebagian besar kecelakaan mobil tangki disebabkan oleh kecelakaan pihak ketiga (31,33%), ditabrak pengemudi lain (27,11%), dan kelelahan (6,63%). Analisis multivariat menunjukkan ada hubungan bermakna antara kelompok umur dengan tingkat keparahan kecelakaan. Dimana AMT yang berumur40 tahun. Saran yang dapat direkomendasikan kepada PT. YY adalah perlu memiliki program preventif agar kondisi driver tetap dalam keadaan sehat dan bugar, seperti dengan memonitor waktu tidur dan menyediakan makan dengan gizi yang seimbang. Melakukan pengawasan AMT saat di jalan melalui technology camera real time dan memperkuat kembali sistem reward dan punishment. Perlu pula program digitalisasi guna memantau perilaku AMT dalam mengemudikan mobil tangki minyak dan mengkomunikasikan Route Hazard Map. Bagi faktor eksternal PT. YY perlu membangun Kerjasama secara horizontal dan vertical guna memperkuat arsitektur global manajemen keselamatan jalan
Global traffic accident statistics in the Global Status Report on Road Safety show that every year, worldwide, more than 1.25 million victims die from traffic accidents and 50 million people are seriously injured. Until now, road accidents are still a problem in many industries, including the downstream oil and gas industry. PT. YY is an oil and gas Distribution Company, the increasing number of tankers managed from year to year can certainly increase the risk that must be controlled. Likewise with the increase in the number of AMT each year which increased by an average of 13%. The purpose of this study is to analyze the performance indicators and factors that contribute to the severity of traffic accidents that occur at PT. YY 2017-2019. This research is analytic descriptive with retrospective study to analyze the factors associated with the incidence of tank car accidents at PT. YY. The research was conducted using secondary data available at PT YY. There are 166 accident data included in this study. The results show that the 2017-2019 PT.YY Road Accident Rate has decreased from 0.36 to 0.27. Likewise, the fluctuation of the Motor Vehicle Crash Rate (MVCR) has decreased from 0.15 to 0.05. Severity has decreased too, from 2017-2019. Based on the types of tank car accidents that occurred at PT.YY, 67.47% were passive accidents, namely due to external factors, the remaining 32.53% were active accidents, namely due to internal factors. Most of the tank car accidents were caused by third people accidents (31.33%), being hit by other drivers (27.11%), and fatigue (6.63%). Multivariate analysis showed a significant relationship between age groups and accident severity. AMT aged >40 years is 2.07 times more likely to experience accident severity than AMT aged ≤40 years. The suggestion that can be recommended to PT.YY is that it is necessary to have a preventive program so that drivers remain in good health and fitness, such as by monitoring sleep time and providing meals with balanced nutrition. Supervise AMT while on the road and reinforce the reward and punishment system. A digitization program is needed to monitor the behavior of AMT in driving an oil tanker and communicate the Route Hazard Map. For external factors, PT. YY needs to build cooperation horizontally and vertically to protect global architecture and road safety
Read More
T-6100
Depok : FKM-UI, 2021
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Resi Jasintanisa; Pembimbing: Dadan Erwandi; Penguji: Zulkifli Djunaidi, Dramayadi
S-6028
Depok : FKM-UI, 2010
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive