Hasil Pencarian :: Kembali

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query ::  Simpan CSV
cover
Nurul Hidayah; Pembimbing: Asih Setiarini
S-3517
Depok : FKM UI, 2003
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Nurul Hidayah; Pemb. Ridwan Z. Syaaf; Penguji: Hendra, Indri Hapsari
S-4930
Depok : FKM UI, 2007
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Nurul Hidayah; Pembimbing: Adang Bachtiar; Penguji: Purnawan Junadi, Wachyu Sulistiadi, Tri Erri Astoeti
Abstrak:

Depkes Rl menyatakan bahwa penyakit pulpa dan kerusakan tulang periapikal masih menjadi masalah, karena dari pantauan penyakit gigi dan mulut psnderita yang berkunjung ke rumah sakit menunjukkan bahwa kaxics gigi sebanyak l7,22% dan penyakit pulpa serta periapikal sebanyak 38,83%. Hal ini tidakjauh berbeda dengan data dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang tahun 2006 bahwa dari kasus penyakit gigi dan mulut di Kota Tangerang penyakit pulpa dan nekrosis periapikal scbanyak 39,4%. Tenaga kesehatan dalam melakukan tugasnya berkewajiban untuk mcmatuhi standar profesi dan menghomnati hak pasien. Dalam situasi apapun tenaga dolcter, selaku tenaga kesehatan pofesional, merupakan tenaga inti yang bertanggung jawab atas pelayanan medis yang dilakukannya. Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas, dokter gigi diharapkan dapat bekerja secara profesional dalam memberikan pelayanan gigi dan mulut kepada masyarakat untuk memelihara kesehatan maupun pengobatan gigi. Bcrdasarkan hal tersebut, maka penulis berminat untuk meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan dokter gigi terhadap standar pelayanan medis pcngobatan nekrosis pulpa di Puskesmas Kota Tangerang. Penelitian ini menganalisis hubungan sejumlah faktor-faktor intemal yang terdiri dari umur, jenis kelamin, Iama kcuja, pengetahuan, pelatihan, pcrsepsi, motivasi dan sikap, serta sejumlah thktor-faktor ekstemal yang terdiri dari sax-ana, komitmen pimpinan dan beban kerja yang dinilai mempengamhi kepatuhan dokter gigi terhadap standar pelayanan medis pengobatan nekrosis pulpa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang dirancang dengan metode cross sectional. Data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer yang diperoleh dari observasi dan penyebaran kuisioner kepada responden yaitu sebanyak 35 doktcr gigi di Puskesmas yang ada di Kota Tangerang. Penelitian ini mcnggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil analisis membuktikan bahwa pada faktor intemal hanya variabel masa kexja dan motivasi, sedangkan pada faktor ekstemal hanya variabel beban kerja yang mempunyai hubungan signifikan dengan kepatuhan dokter gigi terhadap standar pelayanan medis pengobatan nekrosis pulpa. Pada analisis multivariat variabel independen yang mcmiiiki hubungun paiing dominan dengan kepatuhan adalah motivasi. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada Dinas Kesehatan Kota Tangerang untuk memotivasi dokter gigi agar mematuhi standar yang sudah ada dengan cara memberikan perhatian dan penghargaan kepada dokter gigi yang sudah melaksanakan standar pelayanan medis dengan baik. Seiain itu, perlu menambah personil dokter gigi untuk beberapa Puskesmas yang beban ke|janya relatif oukup tinggi sehingga beban kerja dokter gigi tidak terlalu tinggi dan dapat mematuhi standar pelayanan medis. Disamping itu, Dinas Kesehatan perlu memerhatiknn faktor sarana yang ada di tiap-tiap Puskesmas sebagai upaya memberikan rangsangan bagi dokter gigi umuk dapat belcexja dengan baik dan dapat mematuhi standar yang ada.


Depkes RI state that pulp disease and periapical bone damage still become problems, because 'fiom monitoring of tooth and mouth disease, patient that visited hospital shows tooth caries is 17.22% and pulp disease and periapical is 38.83%. It was not significantly different with Health Depanment Tangcrang City at 2006 that pulp and periapical nccroscs fiom tooth and mouth cases in Tangerang City are 39.4%. Health staff in conducting their task obliged to obey profession standard and respecting patients’ right. ln any situation, doctor as professional health staf£ is the core that responsible for medical service he gave. in conducting health service in Puskesmas, dentist hoped to work professionally in giving tooth and mouth services to public for maintaining health and tooth medication. Based on it, writer interested to research factors that affecting dentist compliance toward medical service standard of necroses pulp medication in Puskesmas Tangerang City. This research is analyzing relation of some intemal factors that consist of age, gender, work length, knowiedge, training, perception, motivation and attitude; also some extemal factors that consist of medium, leadership commitment and work responsibility that assessed affecting dentist obedient toward medical service standard of pulp necroses medication. This research is quantitative research designed by cross sectional method. Data used is secondary data and primary data that obtained from distributing questioner to 35 dentists in Puskwmas Tangerang City. This research is using analysis of univariate, bivariate and multivariate. Analysis result shows that intemal factors were only work length and motivation, while extemal factors was only work responsibility has significant relation with dentist compliance toward medical service standard of pulp necroses medication. On multivariate analysis of independent variable that has the most dominant relation with compliance is motivation. From this research suggested to Health Department Tangerang City to motivate dentist so that comply with available standard by giving attention and appreciation to dentist that already implementing good medical service standard. Besides, Health Department requires paying attention toward available medium factor in each Puskesmas as effort to encourage dentist work better and comply with available standard.

Read More
B-1009
Depok : FKM-UI, 2007
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Nurul Hidayah; Pembimbing: Besral; Penguji: Eryando, Tris; Munawaroh, Siti Muhimatul
Abstrak: ERA GLOBALISASI MENUNTUT PENYEDIA LAYANAN KESEHATAN MEMBERIKAN PELAYANAN YANG BERKUALITAS DAN MAMPU BERSAING DENGAN PENYEDIA LAYANAN KESEHATAN LAIN. KENYATAAN LAPANGAN MENUNJUKKAN BAHWA UMUMNYA FASILITAS LAYANAN KESEHATAN MILIK PEMERINTAH MASIH KURANG/TIDAK DIMANFAATKAN OLEH MASYARAKAT. SALAH SATU PENYEBABNYA ADALAH BAHWA UMUMNYA MUTU LAYANAN KESEHATAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH FASILITAS LAYANAN KESEHATAN MILIK PEMERINTAH MASIH BELUM ATAU TIDAK MEMENUHI HARAPAN PASIEN DAN/ATAU MASYARAKAT. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI KARAKTERISTIK DAN TINGKAT KEPUASAN DENGAN KEINGINAN MEMANFAATKAN KEMBALI PELAYANAN PADA 170 RESPONDEN DI UPT PUSKESMAS KECAMATAN BEJI, DAN TELAH DILAKSANAKAN PADA BULAN MEI - JUNI 2017. RANCANGAN PENELITIAN YANG DIGUNAKAN ADALAH DESKRIPTIF KUANTITATIF DENGAN PENDEKATAN POTONG LINTANG. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN SEBESAR 41,8%. HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DAN TINGKAT KEPUASAN DAN DENGAN KEINGINAN MEMANFAATKAN KEMBALI PELAYANAN KESEHATAN ADALAH SEMAKIN TINGGI TINGKAT PENDIDIKAN MAKA SEMAKIN KRITIS PENILAIAN KEPUASAN YANG DIBERIKAN TERHADAP KINERJA PELAYANAN KESEHATAN, CARA PEMABAYARAN ASURANSI LEBIH CENDERUNG MEMPUNYAI KEINGINAN TINGGI MEMANFAATKAN KEMBALI PELAYANAN KESEHATAN, SEMAKIN TUA USIA AKAN LEBIH CENDERUNG MEMPUNYAI KEINGINAN TINGGI MEMANFAATKAN KEMBALI PELAYANAN KESEHATAN, DAN PASIEN YANG PUAS TERHADAP KINERJA PELAYANAN KESEHATAN CENDERUNG MEMPUNYAI KEINGINAN TINGGI MEMANFAATKAN KEMBALI PELAYANAN KESEHATAN. KATA KUNCI: KARAKTERISTIK, KEPUASAN PASIEN, PEMANFAATAN KEMBALI PELAYANAN THE ERA OF GLOBALIZATION REQUIRES HEALTHCARE PROVIDERS TO PROVIDE QUALITY SERVICES AND BE ABLE TO COMPETE WITH OTHER HEALTH CARE PROVIDERS. THE REALITY OF THE FIELD SHOWS THAT MOST GOVERNMENT-OWNED HEALTH-CARE FACILITIES ARE STILL UNDER-UTILIZED BY THE COMMUNITY. ONE REASON IS THAT GENERALLY THE QUALITY OF HEALTH SERVICES ADMINISTERED BY HEALTH-CARE FACILITIES OWNED BY THE GOVERNMENT STILL HAS NOT OR DOES NOT MEET THE EXPECTATIONS OF PATIENTS AND / OR THE COMMUNITY. THIS STUDY AIMS TO DETERMINE THE CHARACTERISTICS AND LEVEL OF SATISFACTION WITH THE DESIRE TO REUSE THE SERVICE TO 170 RESPONDENTS IN UPT PUSKESMAS BEJI DISTRICT, AND HAS BEEN IMPLEMENTED IN MAY - JUNE 2017. THE RESEARCH DESIGN USED IS DESCRIPTIVE QUANTITATIVE WITH CROSS SECTIONAL APPROACH. THE RESULTS SHOWED THE PATIENT SATISFACTION LEVEL OF 41.8%. THE RELATIONSHIP OF PATIENT CHARACTERISTICS AND LEVEL OF SATISFACTION AND WITH THE DESIRE TO REUSE HEALTH SERVICES IS THE HIGHER THE LEVEL OF EDUCATION THE MORE CRITICAL THE ASSESSMENT OF SATISFACTION GIVEN TO THE PERFORMANCE OF HEALTH SERVICES, THE WAY OF INSURANCE DELIVERY IS MORE LIKELY TO HAVE HIGH DESIRE TO REUSE HEALTH SERVICES, THE OLDER AGE WILL BE MORE LIKELY TO HAVE HIGH DESIRE TO RE-UTILIZE HEALTH SERVICES, AND PATIENTS WHO ARE SATISFIED WITH THE PERFORMANCE OF HEALTH SERVICES TEND TO HAVE A HIGH DESIRE TO REUSE HEALTH SERVICES. KEYWORDS: CHARACTERISTICS, PATIENT SATISFACTION, REUSE OF SERVICES.
Read More
S-9487
Depok : FKM-UI, 2017
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive