Hasil Pencarian :: Kembali

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query ::  Simpan CSV
cover
Muhamad Wijanarko; Pembimbing: Hendra; Penguji: Robiana Modjo, Iqbal Anggriawan
Abstrak: Kelelahan pada pengemudi merupakan salah satu faktor penyebab utama terjadinyakecelekaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor-faktorrisiko pengemudi yaitu usia, IMT, durasi kerja, masa kerja, waktu istirahat,commuting time, shift kerja, dan kuantitas tidur pengemudi truk tangki BBM.Penelitian ini dilakukan pada bulan selama bulan juni di Depot TBBM PlumpangJakarta. Jumlah sampel dalam penelitian 123 responde. Penelitian bersifatkuantitatif observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional.Pengukuran kelelahan menggunakan subjective symptoms test yang bersumber dariIndustrial Fatigue Research Committe (IFRC). Hasil penelitian menunjukkanbahwa 60,1% pengemudi mengalami kelelahan ringan dan 39,8% pengemudimengalami kelelahan sedang. Gejala kelelahan yang paling sering dialami olehresponden adalah merasa haus sebanyak 90,1%. Hasil perhitungan statistik chisquare tidak menunjukkan adanya faktor-faktor risiko yang memiliki hubunganbermakna, namun hasil uji t dan uji korelasi menunjukkan secara signifikan bahwadurasi mengemudi dan masa kerja memiliki hubungan positif dengan skorkelelahan.
Kata kunci:Kelelahan, Pengemudi, Petroleum Truck.
Driver fatigue is one of the main cause of road accident. This study aimed todetermine the correlation between petroleum truck driver fatigue with the risk factorsuch as age, BMI (body mass indeks), driving hours, working period, rest time,commuting time, work shift, and sleep hours of petroleum truck drivers. This studywas conducted in June 2016 at PT. X Depot TBBM Plumpang Jakarta. Total sampleof this study are 123 drivers. This research is based on quantitative observationalstudies using cross-sectional approach. Measurement of fatigue using subjectivesymptoms tes based on Industrial Fatigue Research Committe (IFRC). The resultsshow that 60,1% drivers experienced mild fatigue, while 39,1% drivers experiencedmedium fatigue. The result of chi-square calculation did not show any statisticallysignificant association between risk factor with driver fatigue, although otherstatistic test such as t-test and correlation test significantly show that driving hoursand working period show positive relation with the fatigue score.
Keywords:Fatigue, Driver, Petroleum Truck.
Read More
S-9233
Depok : FKM UI, 2016
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Anita Damayanti Putri; Pembimbing: Mila Tejamaya; Penguji: Chandra Satrya, Iqbal Anggriawan
Abstrak: Niaga minyak dan gas khususnya distribusi BBM memiliki potensi risikokecelakaan kerja yang tinggi. Proses kerja ini memiliki potensi risiko kecelakaanlalu lintas dan risiko lainnya yaitu ledakan, kebakaran dan lain-lain dari BBM itusendiri. Oleh karena itu perlu dilakukan pengendalian melalui Sistem ManajemenKeselamatan Transportasi Darat (SMKTD. Tujuan dari studi ini untuk mengetahuigambaran penerapan Sistem Manajemen keselamatan transportasi darat diPerusahaan Niaga BBM dan LPG PT.X TBBM Plumpang tahun 2016. Studi inibersifat deskriptif kualitatif melalui penilaian checklist, wawancara responden danobservasi lingkungan kerja.Penelitian ini menghasilkan pelaksanaan sistem sudahcukup baik namun perlu dilakukan pengawasan dan audit berkala sertapembaharuan baik pada prosedur maupun dokumen terkait lainnya.Kata kunci: distribusi BBM, Sistem Manajemen Keselamatan Transportasi Darat(SMKTD), kecelakaan lalu lintas.
Distribution of oil and gas via land transportation has a potential risk, such as roadaccident, explosion and fire due to oil and gas chemical properties. Therefore, it isnecessary to control the risk through implementation of Land Transport SafetyManagement System (LTSMS). This study was aimed to describetheimplementation of LTMSM at one of Oil and Gas distributor PT.X TBBMPlumpang 2016. This is a descriptive and qualitative assessment study using achecklist, interview respondents and work area observation. This research hasshown that the LTSMS has been properly implemented,but supervision, periodicaudits and written documents need to be improved.Keywords: oil and gas distribution, Land Transport Safety Management System(LTSMS), road accidents.
Read More
S-9231
Depok : FKM-UI, 2016
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive