S2 - Tesis

Hubungan Kualitas Layanan, Kepuasan, dan Citra terhadap Niat Kunjungan Ulang pada Pasien Kelas Rawat Inap Standar Rumah Sakit Umum Pusat Surakarta

Nasriah Damayanthie; Pembimbing: Dian Ayubi; Penguji: Wachyu Sulistiadi, Ratu Ayu Dewi Sartika, Yuli Astuti Saripawan, Menuk Riah Juliati (FKM-UI, 2024)

Abstrak

Niat kunjungan ulang pasien ke rumah sakit yang menyelenggarakan kelas rawat inap standar merupakan hal yang penting karena menunjukkan bahwa pasien merasa puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan dan mempertimbangkan untuk menggunakan kembali layanan kesehatan yang sama di masa depan. Niat kunjungan ulang pasien juga dapat meningkatkan loyalitas pasien terhadap rumah sakit dan dapat memperkuat citra rumah sakit. Rumah Sakit Umum Pusat Surakarta merupakan salah satu dari 14 Rumah sakit yang ditetapkan sebagai Rumah Sakit Penyelenggara Uji Coba Kelas Rawat Inap Standar (KRIS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas layanan rawat inap, kepuasan dan citra terhadap niat kunjungan ulang pasien kelas rawat inap standar RSUP Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi cross-sectional. Pengolahan data menggunakan SPSS dan SEM PLS (Structured Equation Model Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas layanan memiliki hubungan terhadap niat kunjungan ulang (p-value: 0.029), kualitas layanan ditemukan memiliki hubungan dengan kepuasan (p-value: 0.005), kualitas layanan ditemukan memiliki hubungan dengan citra (p-value: 0.005), kepuasan ditemukan memiliki hubungan dengan citra (p-value: 0.005), kepuasan ditemukan tidak memiliki hubungan dengan niat kunjungan ulang (p-value: 0.098), citra ditemukan memiliki hubungan dengan niat kunjungan ulang (p-value: 0.004), kualitas layanan ditemukan memiliki hubungan dengan niat kunjungan ulang melalui citra (p-value: 0.027), kepuasan ditemukan memiliki hubungan dengan niat kunjungan ulang melalui citra (p-value: 0.008) dan kualitas layanan tidak memiliki hubungan dengan niat kunjungan ulang melalui kepuasan (p-value: 0.117).
The patient's revisit intention to a hospital that provides standard inpatient classes is important because it shows that the patient is satisfied with the health services provided and is considering using the same health services again in the future. The patient's revisit intention can also increase patient loyalty to the hospital and can strengthen the hospital's image. Rumah Sakit Umum Pusat Surakarta is one of 14 hospitals designated as a Hospital Organizing the Standard Inpatient Class (KRIS) Trial. This study aims to determine the relationship between the quality of inpatient services, satisfaction and image on the revisit intention standard inpatient class patients at RSUP Surakarta. This research is a quantitative research with a cross-sectional study design. Data processing uses SPSS and SEM PLS (Structured Equation Model Partial Least Square). The results of this research show that service quality has a relationship with intention to revisit (p-value: 0.029), service quality was found to have a relationship with satisfaction (p-value: 0.005), service quality was found to have a relationship with image (p-value: 0.005), satisfaction was found to have a relationship with image (p-value: 0.005), satisfaction was found to have no relationship with revisit intention (p-value: 0.098), image was found to have a relationship with revisit intention (p-value: 0.004), service quality was found has a relationship with revisit intention through image (p-value: 0.027), satisfaction is found to have a relationship with revisit intention through image (p-value: 0.008) and service quality has no relationship with revisit intention through satisfaction (p-value : 0.117).
 

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : T-6873
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi/Peminatan : Mutu Pelayanan Kesehatan
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2024
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier : File Only
Deskripsi Fisik : xvii, 142 hlm. Il; 30 cm
Departemen-Jurusan : Mutu Pelayanan Kesehatan
Kata Kunci : kualitas layanan, kepuasan, citra, niat kunjungan ulang, rumah sakit, PLS SEM, service quality, satisfaction, image, revisit intention, hospital
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 Nasriah Damayanthie-Tesis-FKM-Full Text-2024.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
T-6873 T-6873 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 137070

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive