Hasil Pencarian :: Kembali

Ditemukan 46477 dokumen yang sesuai dengan query ::  Simpan CSV
cover
CB: Q 1973
[s.l.] : Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002, s.a.]
Hibah   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Aisya Safira Nisa; Pembimbing: Vetty Yulianty Permanasari; Penguji: Budi Hidayat, Chandra Istanti Prasetyo
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik coordination of benefit yang terjadi dienam negara, yaitu Prancis, Swedia, Belanda, Turki, China, dan Indonesia. Metode yang digunakan adalah literature review dengan sumber data pada penelitian ini berasal dari website, buku, grey literature dari Library Universitas Indonesia, dan database online melalui Google Scholar, ProQuest, Science Direct, Sage Publications, Scopus, SpringerLink, Oxford Journals. Pengkajian penelitian ini dilakukan dengan mengikuti tahapan metode PRISMA
Read More
S-10860
Depok : FKMUI, 2022
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Kliping koran Republika 2015
[s.l.] : [s.n.] : s.a.]
Indeks Koran   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Indra Putera Fajar Martedo; Pembimbing: Nurbaiti
M-976
[s.l.] : [s.n.] : s.a.]
D3 - Laporan Magang   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
368.382 THA j
[s.l.] : Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2014, s.a.]
Kumpulan Daftar Isi Buku   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Robin Hot Hutajulu; Pembimbing: Ilyas, Yaslis
M-1613
[s.l.] : [s.n.] : s.a.]
D3 - Laporan Magang   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Sundra; Pembimbing: Mardiati Nadjib; Penguji: Dumilah Ayuningtyas, Pujiyanto, H. Nazrial Nazar, Amila Megraini
Abstrak:

ABSTRAK

Penelitian yang menganalisis data kualitatif dan data sekunder ini bertujuanuntuk mengetahui potensi, manfaat dan tata laksana asuransi malpraktik medisbagi PPK tingkat pertama di era SJSN. Kejadian malpraktik medis di Indonesiamasih merupakan fenomena gunung es. Dokter mempunyai potensi mengalamikebangkrutan akibat gugatan ganti rugi oleh pasien dan/atau keluarganya,terutama akibat kerugian nonmateriel. Pada awal dilaksanakan SJSN, asuransimalpraktik medis diserahkan pada mekanisme pasar melalui perusahaan asuransikomersial. Sebaiknya asuransi malpraktik medis ini dikelola oleh badan hukumnirlaba dan bersifat wajib kepada seluruh dokter yang menjalin kerjasama denganBPJS.

ABSTRACTT

his study analyzed qualitative and secondary data to determine thepotential, benefit and governance of medical malpractice insurance for the generalpractitioners in the era of SJSN. The incidence of medical malpractice inIndonesia is still an iceberg phenomenon. Doctors have potential of bankruptcydue to the patient and/or the family lawsuit, especially non-material loss. In thebeginning of implementation SJSN, medical malpractice insurance will beprovided through the market mechanism, managed by a commercial insurancecompany. Ideally, the medical malpractice insurance is managed by a non-profitcompany and obligatory to all doctors who establish cooperation with BPJS.

Read More
T-3903
Depok : FKM-UI, 2013
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Fidhi Mei Adha Yani Putri; Pembimbing: Pujiyanto; Penguji: Jaslis Ilyas, Bernadi Mubarok
Abstrak: PT Asuransi X merupakan satu dari 52 perusahaan asuransi komersial yang menandatangani PKS CoB dalam program JKN dengan BPJS Kesehatan. Pada tahun 2015, peserta produk managed care dari perusahaan ini mengalami penurunan hingga mencapai 41,27%. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang membahas tentang praktik dan kendala pelaksanaan skema CoB antara BPJS Kesehatan dan PT Asuransi X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan skema CoB di Indonesia secara umum belum berjalan baik akibat adanya kendala mayoritas perusahaan asuransi komersial menerapkan sistem indemnity. Sementara itu, pelaksanaan skema CoB khusus antara BPJS Kesehatan dengan PT Asuransi X telah berjalan cukup lancar yaitu mencakup kegiatan koordinasi kepesertaan, koordinasi manfaat pelayanan kesehatan, dan koordinasi penagihan klaim. Adapun kendala khususnya meliputi skema CoB hanya berlaku untuk pelayanan rawat inap tingkat lanjut, beberapa peraturan BPJS Kesehatan tidak berlaku nasional, flagging peserta CoB terbatas untuk dua penjamin, dan masalah terkait aplikasi penagihan klaim. BPJS Kesehatan diharapkan segera mengevaluasi implementasi yang telah berjalan dan menetapkan peraturan final tentang skema CoB dalam program JKN. Sementara PT Asuransi X sebaiknya melakukan evaluasi internal terkait capaian koordinasi kepesertaan, kepuasan peserta CoB, daya saing produk CoB di pasar, capaian koordinasi klaim, dan cara untuk mengatasi kendala pelaksanaan skema CoB. Kata Kunci: Perjanjian Kerja Sama (PKS), Coordination of Benefit (CoB), Implementasi, Kendala, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
Read More
S-9027
Depok : FKM-UI, 2016
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Relita Lelis Meiliyawati; Pembimbing: Mieke Savitri; Penguji: Dumilah Ayuningtyas, Pinky Evianty
Abstrak: Kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi semakin meningkatsehingga menyebabkan permohonan terhadap pengajuan polis asuransi jugameningkat. Oleh karena itu perusahaan asuransi dituntut untuk memberikanpelayanan yang profesional. PT. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera sebagaisalah satu perusahaan asuransi yang memiliki banyak peserta asuransi sehinggasemakin banyak permintaan penerbitan polis khususnya pada asuransi kesehatankumpulan. Namun dari banyaknya permintaan penerbitan polis yang ada, masihditemukan proses penerbitan yang tidak tepat waktu. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui gambaran penerbitan polis asuransi kesehatan kumpulan di PT.Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera tahun 2012.Penelitian ini menggunakan studi kualitatif, metode pengambilan datayang digunakan adalah dengan cara wawancara mendalam (indepth interview) terhadap Seksi Analisa Bisnis & Underwriting divisi bisnis kumpulan PTAsuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera serta dilengkapi beberapa data sekunderuntuk mendukung hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, faktor internal (SDM, SOP,Peralatan/Mesin) dan faktor eksternal (Kelengkapan Data & Dokumen) sangat berpengaruh pada ketepatan dan keterlambatan penerbitan polis asuransi kesehatan kumpulan di PT. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera tahun 2012.Hasil penelitian menyarankan perlu ditingkatkan kualitas SDM, kinerja dan sistem informasi yang ada.
Kata Kunci : Penerbitan Polis, Asuransi
Public awareness has increased insurance causing a plea for filinginsurance also increased. Therefore, insurance companies are required to provideprofessional services. PT. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera as one of theinsurance companies that have many participants so that more and more demandfor insurance policies issued specifically on health insurance bundles. But fromthe number of requests the issuance of an existing policy, still found the processof publishing an ill-timed. This study aims to describe a collection of healthinsurance policies issued at the PT. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera in 2012.This study uses a qualitative study, data collection method used is by wayof in-depth interviews to Section Analysis Business & Underwriting businessdivision set PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera and include some secondarydata to support the research.The results show that internal factors (HR, SOP, Equipment / Machinery)and external factors (Completeness of Data & Document) is very influential inaccuracy and delay the issuance of a health insurance policy set in PT. AsuransiJiwa Bringin Jiwa Sejahtera in 2012. The results suggest the need to improve thequality of human resources, performance and system information.Keywords : Publishing Policy, Group InsuranceBibliography : 17 (1996-2011)
Read More
S-7687
Depok : FKM UI, 2013
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive