Hasil Pencarian :: Kembali

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query ::  Simpan CSV
cover
Nunuk Agustina; Pembimbing: HE Kusdinar Achmad, Anwar Hasan; Penguji: Tri Krianto, Shintha Silaswati, Sugiyanto
T-2670
Depok : FKM-UI, 2007
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Priscilla Sharon; Pembimbing: Hafizzurachman; Penguji: Artha Prabawa, Purnawan Junadi, Lanjar Sugiyanto
B-1630
Depok : FKM UI, 2014
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Rahma Indira Wardani; Pembimbing: Amila Megraini; Penguji: Hafizurrachman, Besral, Wahyu Sulistiadi, Lanjar Sugiyanto
B-933
Depok : FKM UI, 2006
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Rona Mora; Pembimbing: Hafizzurrachman; Penguji: Dumilah Ayuningtyas, P.Lanjar Sugiyanto, Ika Sofrina
Abstrak:

ABSTRAK Rumah Sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan menjalankan tugas dan fungsinya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kebijakankebijakan yang telah dituangkan dan ditetapan oleh direktur. Kebijakan-kebijakan tersebut meliputi seluruh aspek kegiatan Rumah Sakit, baik aspek administratif maupun aspek pelayanan kepada masyarakat. Kebijakan tersebut mempunyai fungsi dan tujuan sebagai pedoman pelaksanaan sehari-hari bagi seluruh staf Rumah Sakit dan pihak manajemen dalam menjalankan organisasi Rumah Sakit, sehingga diharapkan seluruh proses administrasi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat dilaksanakan secara optimal. Penelitian kebijakan dalam hal ini sangat jarang dilakukan, pemahaman tentang analisis kebijakan tidak serta merta berkenaan dengan analisis untuk merumuskan suatu kebijakan, namun dapat juga berupa analisis tentang kebijakan. Untuk mengatasi keluhan pelanggan tentang kinerja pelayanan rawat jalan, maka sangat penting untuk dilakukan suatu analisa tentang isi, proses, hasil dan lingkungan kebijakan yang selama ini dijalankan di RS Sentra Medika Cibinong. Informan pada penelitian ini adalah para segenap jajaran manajemen meliputi jajaran dan  staf pelaksana, maupun para pemberi layanan, antara lain dokter spesialis dan perawat. Desain penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat interpretatif, dan semua data yang disajikan dengan berbagai matriks. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kebijakan yang saat ini dijalankan di RS Sentra Medika Cibinong belumlah berjalan secara optimal, dan harus mengalami perubahan di berbagai sistem, terutama pada sistem informasi manajemen rumah sakit dan sarana serta prasarana yang mendukungnya, serta perlu disusunnya dan dirumuskannya suatu kebijakan baru yang terpadu untuk memperbaiki kualitas pelayanan di Instalasi Rawat Jalan. Diharapkan draft rekomendasi yang diberikan peneliti ini dapat menjadi masukan bagi pimpinan RS dalam membakukan suatu kebijakan pelayanan baru, untuk meningkatkan kualitas pelayanan Instalasi Rawat Jalan. Kata Kunci : Isi kebijakan, Proses kebijakan, Kinerja Kebijakan, Rekomendasi Kebijakan. 


 ABSTRACT Hospital as an institution of medical services has to carried out the job as a function based on the rule which has been declared and as on policy which is implemented on that place. The policies which has been implemented, including all the program, such as administrative or services program, has a function to give the best services to the people. The policy research has an important understanding to made some kind of analysis, such as analysis of (including policy contents, policy process, policy output, and policy recommendation), and analysis for. This research has some people to give the information about the services s all the management staff, incuding the front liner and all the physician. This research design is a qualitative method, with the variant interpretative, and all the data, describening by a matrix. The results from this research give some recommendation for the top management, which is can be implemented if there applicable, for example to improve the information system in the hospital. Keywords  : policy contents, policy process, policy output, policy recommendation

Read More
B-1410
Depok : FKM-UI, 2012
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Ellya Niken Prastiwi; Pembimbing: Dian Ayubi; Penguji: Besral, Agustin Kusumayati, Salma Hasyim, Sugiyanto
Abstrak:

Selama tahun 2003 - 2005 jumlah kunjungan meningkat namun tidak seimbang dengan laju pertumbuhan penduduk dan pada tahun 2006 jumlah kunjungan pasien bayar ke Puskesmas Wisma Jaya mengalami penurunan. Indikator keberhasilan fungsi puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan strata pertama antara lain melalui cakupan pelayanan dan kepuasan pasien. Pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh masyarakat dipengaruhi oleh faktor kebutuhan terhadap sarana pelayanan kesehatan yang bermutu. Kepuasan paéien bayar atas mutu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Wisma Jaya mempengaruhi pola perilaku pasien bayar selanjutnya untuk mengambil tindakan dengan berniat melakukan kunjungan ulang atau sebaliknya. Penelitian ini bertujuan membuktikan adanya hubungan kepuasan pasien bayar tcrhadap mutu pelayanan dengan minat kunjungan ulang ke Puskesmas Wisma Jaya Kota Bekasi Tahun 2007. Desain penelitian merupakan penelitian analilik dengan pcndekatan cross sectional, yang dilakukan di Puskesmas Wisma Jaya Kota Bekasi. Data dikmnpulkan dengan responden adalah pasien bayar (219 responden) yang berkunjung ke Puskesmas Wisma Jaya Kota Bekasi pada tahun 2007 dengan tehnik consequtive sampling quota. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dengan uji chi square dan multivariat dengan Kepuasan pasicn bayar mampu meningkatkan minat pasien bayar untuk mclakukan kunjungan ulang ke Puskesmas Wisma Jaya. Perlunya Pcmcrintah Kota dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengunakan indikator bcrupa cakupan pelayanan dan kepuasan pasien untuk menilai keberhasilan kinexja puskesmas melalui fungsi puskcsrnas scbagai pusat pelayanan kesehatan strata pertama. Serta rnemprioritas pcrnbangunan fisik, menjaga kebersihan dan penambahan sumber daya manusia khususnya Puskesmas Wisma Jaya sesuai urutan nilai terendah kepuasan perlu menjadi perhatian semua pihak yang terkait. uji regresi logistik ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi responden yang berminat melakukan kunjungan ulang ke Puskesmas Wisma Jaya sebesar 93,2%, proporsi responden yang puas terhadap pelayanan kesehatan Puskesmas Wisma Jaya sebesar 53,0%, tersedianya tempat parkir merupakan faktor kepuasan pasien bayar yang memiliki nilai terendah. Ada hubungan yang bermakna antara kepuasan pasien bayar dengan minat kunjungan ulang ke Puskesmas Wisma Jaya setelah mengendalikan variabel-variabel penganggu (variabelpendidikan dan variabel pengeluaran). Kepuasan pasien bayar mempunyai peluang 8,2 kali untuk berminat melakukan kunjungan ulang ke Puskesmas Wisma Jaya sebesar. Kepuasan pasien bayar mampu meningkatkan minat pasien bayar untuk mclakukan kunjungan ulang ke Puskesmas Wisma Jaya. Perlunya Pcmcrintah Kota dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengunakan indikator bcrupa cakupan pelayanan dan kepuasan pasien untuk menilai keberhasilan kinexja puskesmas melalui fungsi puskcsrnas scbagai pusat pelayanan kesehatan strata pertama. Serta rnemprioritas pcrnbangunan fisik, menjaga kebersihan dan penambahan sumber daya manusia khususnya Puskesmas Wisma Jaya sesuai urutan nilai terendah kepuasan perlu menjadi perhatian semua pihak yang terkait.


During 2003 - 2005, number of customer visits increasing altough uneven with the population growth. Then in 2006, number of charged customer visits to Puskesmas Wisma Jaya had decreasing. Efficacy indicator of Puskesmas to its main function in providing public health services at the bottom level are scope of services type and customer satisfaction. Utilization of health service by society influenced by the need of qualified health service factor. Charged customer’s satisfaction to the quality of health services held by Puskesmas Wisma Jaya influencing their future behavior in having revisit or on the contrary. This research aim to determine the relationship of charged customer’s satisfaction to the quality of health services and revisit interest at Puskesmas Wisma Jaya Bekasi, in year of 2007. Research designed as analytic description research with cross sectional approach. Research held at Puskesmas Wisma Jaya Bekasi. Data collected using consecutive sampling quota from 219 respondent who belong to charged customer whom visiting Puskesmas Wisma Jaya during 2007. Data analysis using univariat analysis, bivariat with chi-square test and multivariate analysis with multiple logistic regression test. The result shows proportion of respondent who interest to revisit Puskesmas Wisma Jaya were 93,2 % in amount. The proportion of charged customer who satisfied with health services held by Puskesmas Wisma Jaya were 53,0 % in amount. The available of parking area become the charged customer’s satisfaction factor which has lowest score. There is significant relation between charged customer’s satisfaction with revisit interest after eliminating and controlling the dummy variable (respondent’s education and expenses). Satisiied charged customer have at 8,2 possibility to revisit Puskesmas Wisma Jaya in possibility value. The satisfaction of charged customer has able to raise their interest in having revisit in the future. Local Government and Local Public Health Service need to use scope of service and customer satisfaction as indicator to asses the efficacy performance of each Puskesmas through their function in providing public health services at the bottom level. Also giving priority in physical development and addition of human resources especially Puskesmas Wisma Jaya on low scored satisfaction indicator.

Read More
T-2532
Depok : FKM-UI, 2007
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Dwi Ratna K. Munandar; Pembimbing: Purnawan Junadi; Penguji: M. Hafizurrachman, Yuli Prapancha Satar, P. Lanjar Sugiyanto
B-943
Depok : FKM UI, 2006
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Veronika Hanny Soetisno; Pembimbing: Sandi Iljanto; Penguji: Amal Chalik Sjaaf, Purnawan Junadi, Lanjar Sugiyanto,Yessy Susanti
B-1674
Depok : FKM-UI, 2014
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Regina Angelia Suwignjo; Pembimbing: Adang Bachtiar; Penguji: Purnawan Junadi, Dumilah Ayuningtyas, Mohammad Baharudin, P. Lanjar Sugiyanto
B-1597
Depok : FKM-UI, 2014
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive