Hasil Pencarian :: Kembali

Ditemukan 30197 dokumen yang sesuai dengan query ::  Simpan CSV
cover
Budi Hartono; Pembimbing: Amila Megraini
B-722
Depok : FKM UI, 2003
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Lilis Komariyah; Pembimbing: Amal C. Sjaaf; Penguji: Dumilah Ayuningtyas, Wahyu Sulistiadi, Tiningsih Hardiani
B-936
Depok : FKM UI, 2006
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Tiningsih Hardiani; Pembimbing: Suprijanto Rijadi; Penguji: Dumilah Ayuningtyas, Mieke Savitri, Amir Hamzah Mauzzy
Abstrak: Mulai tahun 2001 sampai dengan sekarang terdapat peningkatan pada penjualan kredit di RS Karya Bhakti. Hal tersebut tentu saja dapat meningkatkan pendapatan rumah sakit, tetapi disamping itu timbul masalah peningkatan saldo piutang dan panjangnya umur piutang. Dimana apabila masalah tersebut tidak segera diatasi akan mengakibatkan terganggunya cash flow rumah sakit. Salah satu penyebab dari masalah tersebut yaitu lamanya proses penagihan piutang dari intern rumah sakit.

Untuk itu dilakukan penelitian diskriptif analitik yang bertujuan untuk mengetahui tahapan dan proses penagihan piutang, mengetahui tahap-tahap yang menjadi penyebab keterlambatan proses penagihan piutang dan mengetahui upaya-upaya dalam mempercepat proses penagihan piutang pasien jaminan pihak ketiga di RS Karya Bhakti

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa proses siklus piutang di Rumah Sakit Karya Bhakti melalui beberapa tahapan yaitu tahap Penerimaan, Pembebanan, Penataan Rekening, Penagihan dan Penutupan Rekening. Penyebab keterlambatan penagihan piutang terdapat pada tahap penataan rekening sampai tahap penagihan yaitu lamanya waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan tagihan dihitung dari saat pasien pulang atau lepas rawat sampai dengan dilakukan penagihan, untuk rawat jalan membutuhkan waktu 26 hari dan rawat inap membutuhkan waktu 38 hari, sehingga mengakibatkan umur piutang yang lebih dari 60 hari sebesar 53,63 % dari total piutang dan rata-rata penerimaan piutang 27,79 % dari total piutang per bulan.

Untuk mengefektifkan penagihan piutang, maka perlu dilakukan evaluasi mengenai kebijakan kredit dan kebijakan penagihan di Rumah Sakit Karya Bhakti, serta perubahan sistem dan prosedur pengelolaan piutang pada tahap penataan rekening sampai dengan tahap penagihan, yang bertujuan untuk memperpendek proses penagihan. Selain itu perlu adanya petugas yang difungsikan khusus untuk menangani piutang dari tahap penerimaan sampai dengan penutupan rekening dan mengembangkan sistem billing yang terintegrasi secara menyeluruh.

Kata kunci : piutang

Since year 2001 the credit payment policy already implemented and many patients choose Karya Bhakti hospital because of that policy. The hospital income is growing. But other problems come such as; the amount of account receivables growth and the long term payment. If the hospital can not solve those problems then the hospital cash flow will have a problem as well. Those problems caused by the lateness of collecting account receivables.

To solve the problem above then the descriptive analytic research needed. The purpose of the research are knowing the procedure and process of collecting account receivables, knowing the step of procedure that causing lateness of collecting account receivables, knowing the way to expedite the process of collecting account receivables for patients with third party assurance.

From the research can be describe that the circle of account receivables process on Karya Bhakti Hospital divided by the following steps ; Admission, Charging, Billing Statement, Collection and Write off. The step that causing lateness to collect account receivables start from Billing Statement step to Collection step. That’s mean the time that hospital needs to prepare the collection - start from when patient went home- until the hospital ready to collect. For outpatient need 26 days and for inpatient need 38 days to process. Those condition is causing the hospital receive 27.79% in average from total account receivables patients with third party assurance. Other case, there’s 53.63% account receivables from total per 31 december 2004 that have 60 days long term payment.

For effectiveness collecting account receivables, require to evaluate to credit policies and collection policies in Karya Bhakti Hospital and adjustment on the system and procedure needed, starting at Billing Statement step to Collection step. The purpose is to shortcut the collecting account receivables process. And also, the hospital needs employees who can control the process from Admission to Write Off and also to develop the integrated billing system.

Key word : account receivables
Read More
B-896
Depok : FKM UI, 2005
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Darwin D. Tjakradidjaja; Pembimbing: Pujiyanto; Penguji: M. Hafizurrachman, Prastuti Soewondo, Kurnia F. Jamil
Abstrak: Latar belakang: Manajemen keuangan merupakan salah satu komponen dasar yang harus dikelola secara profesional oleh pihak manajemen rumah sakit. Salah satu sumber pendapatan yang terbesar berasal dari pasien jaminan pihak ketiga, dimana sayangnya piutang tersebut tidak seluruhnya dapat berhasil ditagih yang sisanya ditagih kemudian. Karena itu manajemen piutang perlu mendapat perhatian khusus. Data keuangan RS Bhakti Mulya Jakarta tahun 2002 ? 2004 menunjukan pendapatan jaminan pihak ketiga meningkat berturut ? turut dari 13,88 %(2003) dan 38,85 % (2004) yang diikuti naiknya piutang jaminan pihak ketiga yang lebih besar 33,90 % (2003) dan 44,96 % (2004).

Tujuan: Diperolehnya gambaran penatalaksanaan piutang jaminan pihak ketiga serta mengindentifikasi hambatan?hambatan yang ada dalam siklus piutang diRS. Bhakti Mulia

Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis penatalaksanaan piutang jaminan pihak ketiga yang sedang berjalan. Untuk mencapai tujuan yang dimaksud dilakukan wawancara mendalam, pengamatan terhadap proses yang sedang berjalan dan telaah dokumen.

Hasil: Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penyebab tingginya piutang karena belum diterapkan sanksi kepada debitur yang terlambat bayar, kurang selektifnya pemberian piutang, kurangnya dana penagihan, kurang tegasnya protap penagihan, kurang akuratnya pembebanan biaya dan terlambatnya pembuatan surat tagihan.

Kesimpulan: Saran yang diusulkan untuk meningkatkan efektifitas manajemen piutang yaitu menerapkan sanksi lebih tegas kepada debitur yang telat bayar, mempertegas protap penagihan piutang dan membuat protap penutupan rekening, meningkatkan peran tim verifikasi, pelimpahan wewenang dan menyediakan anggaran yang cukup untuk penagihan serta membentuk tim khusus untuk menangani piutang yang macet.

Kata kunci (keywords) : Piutang, Jaminan Pihak Ketiga, Penataan rekening

Background: Finance management forms one of the crucial aspects that should be professionally managed by the hospital management. One major revenue derives from patients under the third person?s guarantee despite failure of collecting this type of account receivable all at once while balance of which will be collected later on. Therefore, account receivable management needs a special attention. Financial data of the Bhakti Mulia Hospital Jakarta in 2002-2004 presents revenue drawn from the third person?s guarantee that grows sequentially; 13.88% (2003) and 38.85% (2004) and then greater increase in the accounts receivable from the third person?s guarantee; 33.90% (2003) and 44.96% (2004). Moreover, there is a term balance due over 90 days per December 31, 2004; 48.16% of the total accounts receivable derived from the third person?s guarantee-based revenue and that it needs analyzing this type of account in the hospital.

Objective: Describing administration of the third party guarantee-based account receivable and identifying the existing barriers in the cycle of accounts receivable of RS Bhakti Mulia in order to improve its efficient and effective management in the same hospital

Methods: Using quanLitative approach, by structured interview, observation of the undergoing process and document analysis

Results: Results of research makes one come to a conclusion that greater accounts receivable result from such reasons as non-enforcement of penalty against default debtor, non-selective provision of the accounts receivable, insufficient funds of claims, imprecise term of collection, inaccurate allocation of cost and delayed submission of invoice.

Conclusions: Suggestions to recommend for increasing effective management of the accounts receivable are impose apparent penalty to default debtors, determine term of account collection and provide account closing system, increase roles of verification team, delegation of authority and sufficient budgeting for collection and establish special team for handling bad accounts receivable.

Keywords : Account receivable, third party guarantee-based, Account collection
Read More
B-888
Depok : FKM UI, 2005
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Dian Kusuma Wardhani; Pembimbing: Prastuti Soewondo; Penguji: Mardiati Nadjib, Amila Megraini, Suhasbagyo
B-1215
Depok : FKM UI, 2010
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
E.A. Sani; Pembimbing: Prastuti Soewondo
B-520
Depok : FKM UI, 2001
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Meita Dwiana Effendi; Pembimbing: Purnawan Junadi; Penguji: Prastuti Chusnun, Yuli Prapanca, Mayor CKM
Abstrak:

Dengan masuknya globalisasi ke Indonesia informasi dapat mudah diperoleh. Perusahaan asuransi mempromosikan produknya secara cepat, membuat masyarakat mengetahui pentingnya pelayanan kesehatan. Karyawan mengharapkan perusahaannya memberikan ketenangan dan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk itu RSPAD Gatot Soebroto bekerja sama dengan pihak ke tiga memberikan pelayanan kesehatan. Dengan adanya kerjasama ini rumah sakit mempunyai piutang yang harus dikelola secara baik. Piutang pasien rawat inap dengan jaminan pihak ke tiga di Pavilyun Kartika RSPAD Gatot Soebroto per 30 Juni 2002 mencapai Rp.3.648.374.261,-(tiga milyar enam ratus empat puluh delapan juta tiga ratus tujuh puluh empat ribu dua ratus enam puluh satu rupiah). Dari penelitian yang dilakukan dengan_kerangka konsep input, proses dan output berdasarkan data primer dan data sekunder diperoleh data bahwa banyak piutang pasien yang sudah dibayar namun belum dibukukan, sehingga rekening piutang pasien belum ditutup. Berdasarkan uraian kondisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya piutang pasien rawat inap dengan jaminan pihak ke tiga di Pavilyun Kartika RSPAD Gatot Soebroto per 30 Juni 2002 tidak mencapai Rp.3.648.374.261,-. Hal ini disebabkan oleh lemahnya fungsi monitoring adrninistrasi keuangan khususnya pencatatan piutang. Selanjutnya disarankan agar fungsi monitoring terhadap sistem pencatatan piutang dapat lebih ditingkatkan. Daftar Pustaka : 21 (1979 - 2001)


 

Management Analysis for Account Receivables of day in patient under third parties guarantee in "Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto" for the period of 30"' June 2001 until 30"` June 2002 The globalization era is coming to Indonesia, information are coming faster, Insurance companies promote their products rapidly, educate the people how important is medical care. People are more conscious about medical service and now can afford health insurance. Employees demand their companies to facilitate them a better medical assistance. Therefore, in order to accommodate all the above trends, Pavilyun Kartika RSPAD Gatot Soebroto try to give a better service, by working together with insurance companies and institutions. By working together with them Pavilyun Kartika RSPAD Gatot Soebroto give a more convenience way for their patients to receive medical assistance. As the result, the hospital has account receivable that has to be taken care accurately. The account receivables under third parties guaranteed until 30th June 2002 amounted to Rp3, 648,374,261. (Three billion six hundred and forty eight million three hundreds seventy-four thousands two hundred and sixty one rupias). Based on our analysis using input skeleton concept, process and output based on prime data and secondary data, concluded that there were a lot of patient accounts that were not yet booked even though that the account has been paid, resulting on an unclosed accounts which gave a high account receivables. In conclusion, actually the account receivable in Pavilyun Kartika RSPAD Gatot Soebroto per 30th June 2002 was not as high as Rp 3,648,374,261.00. This was the result from lack of financial administration control on account receivables. Finally, we advice that the hospital have to have had a better system on monitoring and controlling the account receivables.

Read More
B-651
Depok : FKM UI, 2002
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Serafin Trijanti Iskandar; Pembimbing: Prastuti Soewondo
B-806
Depok : FKM UI, 2004
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Iman Nugraha; Pembimbing: Pujiyanto; Penguji: Kurnia Sari, Dumilah Ayuningtyas, Iing Ichsan Hanafi
Abstrak:

Penelitian ini tentang analisis pengelolaan piutang pasien pihak ketiga di Rumah Sakit Hermina Daan Mogot pada tahun 2011. Design penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan sistem. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan data sekunder. Variabel yang diteliti meliputi variabel input : organisasi, kebijakan, sistem informasi, sarana, sdm, karakteristik pihak ketiga dan paket jaminan. Variabel proses meliputi penerimaan, pembebanan, penataan rekening, penagihan dan penutupan. Sedangkan outputnya adalah pembayaran piutang. Informan penelitian ini adalah stakeholder yang terkait langsung dengan pengelolaan piutang, yaitu manajer keuangan, kepala urusan piutang, administrasi keuangan lantai, penata rekening dan administrasi piutang. Penelitian ini menunjukan bahwa umur piutang perusahaan <30 hari mencapai lebih dari 70%, sedangkan piutang asuransi mencapai lebih dari 60%. Umur piutang <30 hari paling tinggi terjadi pada bulan februari. Sedangkan umur piutang >45 hari paling tinggi terjadi pada bulan juni untuk piutang perusahaan dan bulan mei untuk piutang asuransi. Untuk mencegah terjadinya piutang tak tertagih, pihak rumah sakit selalu mengkonfirmasi kepada pihak ketiga terkait jaminan yang diberikan kepada pasien. Pengurusan perjanjian kerjasama dengan pihak ketiga diatur oleh pihak Hermina Hospital Group.  Hambatan yang terjadi dalam proses pengelolaan piutang meliputi kurangnya pelatihan sdm, kurangnya sosialisasi isi perjanjian kerjasama, kurangnya sdm pengentri transaksi pasien, pengisian resume medis yang tidak lengkap, kurangnya sarana transportasi, pihak asuransi tidak mencantumkan rincian peruntukan pembayaran dan lamanya proses verifikasi oleh pihak ketiga. Oleh karena itu disarankan untuk mengembangkan sistem informasi yang up date dan terintegrasi antara rumah sakit dengan pihak ketiga, sosialisasi isi perjanjian kerjasama, peningkatan keterampilan sdm, memberlakukan reward dan punishment serta pengadaan sarana transportasi. Kata kunci : piutang rumah sakit, pihak ketiga


 

This research on the analysis of third-party management of patient accounts receivable at the Hospital Hermina Daan Mogot in 2011. Design the study is a qualitative approach to the system. Data were collected by interview method and secondary data. The variables studied include input variables: the organization, policies, information systems, facilities,  the characteristics of a third party and guarantee package. Process variables include the receiving, loading, account setup, billing and closure. While its output is the payment of receivables. Informants of this study is the stakeholders that are directly related to the management of receivables, the financial manager, the head of affairs accounts receivable, floor financial administration, stylists accounts and administrative accounts. This study shows that age of receivables <30 days reached more than 70%, while accounts receivable insurance to more than 60%. Age of receivables <30 days of the highest occurred in February. While the aging> 45 days the highest place in June for company and in May for insurance receivables. To prevent bad debts, the hospital always confirm to the relevant third party guarantees given to the patient. Maintenance of cooperation agreements with third parties is governed by the Hermina Hospital Group. The bottleneck in the process of accounts receivable management include lack of training, lack of socialization content of the cooperation agreement, the lack of transactions filler, medical resumes charging is not complete, lack of transportation, the insurance company does not list the details of allotment of payments and the length of the process of verification by a third party. It is therefore advisable to develop information systems up to date and integrated between hospital with third parties, the contents of a cooperation agreement socialization, skill improvement, reward and punishment, and procurement of transportation. Keywords: hospital claim, third party

Read More
B-1358
Depok : FKM-UI, 2011
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
B-682
Depok : FKM-UI, 2003
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive