Ditemukan 20061 dokumen yang sesuai dengan query :: Simpan CSV
Andi Rinaldi Zulfikar; Pembimbing: Ridwan Zahdi Sjaaf, Penguji: Doni Hikmat Ramdhan, Muhammad Soffiudin
S-8481
Depok : FKM-UI, 2014
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Destitha Ananda Putrisidahuruk; Pembimbing: Sjahrul M. Nasri; Penguji: Hendra, Fajar Kristianto
Abstrak:
Penelitian ini membahas tentang gambaran secara umum risiko postur kerja dan keluhan subjektif muskuloskeletal yang dirasakan oleh pekerja pada kegiatan lifting dan erection baja Stasiun LRT Jabodetabek. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan melakukan penelitian secara langsung dalam satu waktu secara bersamaan melalui metode REBA, PATH, dan Nordic Body Questionnaire (NBQ). Tingkat risiko tertinggi yaitu pada tahapan erection dalam kegiatan pengecatan dengan jangkauan jauh. Untuk mengatasinya diperlukan kontrol berupa pemberian alat kerja yang lebih baik serta berbagai program edukasi kesehatan yang digalakan oleh perusahaan, untuk meminimasi terjadinya postur janggal
Read More
S-10169
Depok : FKM UI, 2019
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Rendi Supiana; Pembimbing: Robiana Modjo; Penguji: Mila Tejamaya, Istiati Suraningsih
Abstrak:
Skripsi ini membahas tentang faktor-faktor risiko dan keluhan Musculoskeletal Disorders dari pekerja pengguna komputer di Pusdiklat BPS tahun 2014. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat deskriptif dengan desain studi cross sectional. Dari penilaian Rapid Upper Limb Assessment (RULA) didapatkan risiko tinggi dengan skor range 5 hingga 7. Dari sampel penelitian yang berjumlah 40 orang, sebanyak 37 orang memiliki keluhan MSDs, dengan keluhan terbanyak pada leher bagian atas 27 orang (67,5%), leher bagian bawah 24 orang (60%), punggung 26 orang (65%), dan pinggang 21 orang (52,5%). Disarankan adanya program edukasi kesehatan kerja perihal bekerja dengan komputer yang benar, perbaikan desain workstation, dan perlunya istirahat setiap ≤2 jam sekali dari bekerja menggunakan komputer.
This thesis discusses the risk factors and complaints of Musculoskeletal Disorders from workers computer users in Pusdiklat BPS 2014. Study was a descriptive quantitative research with a cross-sectional study design. Assessment from the Rapid Upper Limb Assessment (RULA) scores obtained with the high-risk range 5 to 7. From the sample of 40 people, as many as 37 people have complaints MSDs, with most complaints in the upper neck 27 people (67.5%), lower neck 24 people (60%), back of 26 people (65%), and waist 21 people (52.5%). It is recommended to make health education programs regarding working with the correct use of a computer, workstation design improvements, and need a break every once ≤2 hours of work using a computer.
Read More
This thesis discusses the risk factors and complaints of Musculoskeletal Disorders from workers computer users in Pusdiklat BPS 2014. Study was a descriptive quantitative research with a cross-sectional study design. Assessment from the Rapid Upper Limb Assessment (RULA) scores obtained with the high-risk range 5 to 7. From the sample of 40 people, as many as 37 people have complaints MSDs, with most complaints in the upper neck 27 people (67.5%), lower neck 24 people (60%), back of 26 people (65%), and waist 21 people (52.5%). It is recommended to make health education programs regarding working with the correct use of a computer, workstation design improvements, and need a break every once ≤2 hours of work using a computer.
S-8299
Depok : FKM-UI, 2014
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Azelytta Adriani; Pembimbing: Ridwan Zahdi Sjaaf; Penguji: Indri Hapsari Susilowati, Istiati Suraningsih
Abstrak:
Perkembangan teknologi dapat membantu meningkatkan efektivitas danproduktivitas dalam dunia usaha. Akan tetapi, perkembangan ini dapat berdampaknegatif apabila tidak sesuai dengan karakteristik dan kemampuan pekerja. Salahsatu risiko akibat ketidaksesuaian tersebut adalah Musculoskeletal Disorders(MSDs). Penelitian ini menilai postur pada pekerja di Sentra Industri TasPATRIA tahun 2013 yang bekerja dengan posisi duduk dengan jumlah responden20 orang. Faktor lain yang berkaitan dengan postur adalah durasi, frekuensi danbeban yang dinilai menggunakan RULA. Penilaian ini dilengkapi menggunakanQEC untuk mendapatkan skor per bagian tubuh. Penelitian ini juga menggambarkan karakteristik individu seperti usia, jenis kelamin, masa kerja,IMT, perilaku merokok, perilaku olahraga yang berkontribusi terhadap terjadinyaMSDs. Penelitian ini menilai keluhan MSDs menggunakan kuisioner NBM.Penelitian ini bersifat deskriptif observasional dengan disain studi cross sectional.Hasil penelitian ini menunjukkan risiko MSDs sangat tinggi pada seluruh prosespembuatan tas dan agenda yaitu pemotongan, penempelan, penjahitan pola danfinishing. Keluhan terbanyak adalah pada bagian leher bagian atas (60%), bahu kanan, punggung dan pinggang (masing-masing 50%). Untuk itu diperlukan upaya pengendalian secara ergonomi berupa perbaikan disain tempat kerja dan administrasi seperti pembatasan jam kerja, penyuluhan cara bekerja yang ergonomi dengan melibatkan pemiliki usaha dan Puskesmas setempat serta melibatkan pekerja secara aktif untuk menurunkan tingkat risiko dan keluhan MSDs. Kata kunci :Beban Kerja, Durasi, Faktor Risiko Ergonomi, Frekuensi, Karakteristik Individu, Keluhan MSDs, NBM, Postur, RULA, QEC.
Technological development can help improve the effectiveness and productivity.However, these developments could have a negative impact if it is not inaccordance with the characteristics and capabilities of workers. One suchdiscrepancy is due to the risk of Musculoskeletal Disorders (MSDs). This studyassesses posture on workers in industrial centers PATRIA bag in 2013 working ina sitting position with the number of respondents 2013. Another factor is relatedto postir duration, frequency and workload was assessed using RULA. Thisassessment was completed with using the QEC to get a risk index score on thebody. This study also present the individual characteristics such as age, gender,years, body mass index, smoking and exercise behaviors that contribute to theoccurrence of MSDs. This assessment also assessed MSDs complaints using aquestionnaire NBM. This study is a descriptive observational cross-sectionalstudy design. the results of this study showed a very high risk of MSDs in thewhole process of bag making and agenda that is cutting, pasting, sewing andfinishing. Most complaints are on the upper neck (60%), right shoulder, back, andwaist (50%). for it, necessary control measures with improved ergonomic designand administrative work such as restrictions on hours of work, work ergonomicsextension method involving local business owners and health centers as well asactively involving workers ringkat to reduce the risk of MSDs and complaints.Keywords :workload, duration, frequency, ergonomic risk factors, individual characteristics,complaints MSDs, NBM, posture, RULA and QEC
Read More
Technological development can help improve the effectiveness and productivity.However, these developments could have a negative impact if it is not inaccordance with the characteristics and capabilities of workers. One suchdiscrepancy is due to the risk of Musculoskeletal Disorders (MSDs). This studyassesses posture on workers in industrial centers PATRIA bag in 2013 working ina sitting position with the number of respondents 2013. Another factor is relatedto postir duration, frequency and workload was assessed using RULA. Thisassessment was completed with using the QEC to get a risk index score on thebody. This study also present the individual characteristics such as age, gender,years, body mass index, smoking and exercise behaviors that contribute to theoccurrence of MSDs. This assessment also assessed MSDs complaints using aquestionnaire NBM. This study is a descriptive observational cross-sectionalstudy design. the results of this study showed a very high risk of MSDs in thewhole process of bag making and agenda that is cutting, pasting, sewing andfinishing. Most complaints are on the upper neck (60%), right shoulder, back, andwaist (50%). for it, necessary control measures with improved ergonomic designand administrative work such as restrictions on hours of work, work ergonomicsextension method involving local business owners and health centers as well asactively involving workers ringkat to reduce the risk of MSDs and complaints.Keywords :workload, duration, frequency, ergonomic risk factors, individual characteristics,complaints MSDs, NBM, posture, RULA and QEC
S-8070
Depok : FKM UI, 2014
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Muhammad Arief Nurhidayat; Pembimbing: Fatma Lestari; Penguji: Indra Budi, Adrianus Pangaribuan
S-8388
Depok : FKM UI, 2014
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Studi Identifikasi dan Analisis Resiko Ergonomi pada Pekerja Pengguna Komputer di PT. NTP Tahun 2014
Aldila Faza Zulfah; Pembimbing: Ridwan Zadi Sjaaf; Penguji: Chandra Satrya, Adhi Prasetyo
Abstrak:
Kemajuan perkembangan di seluruh dunia meningkatkan daya saing dari setiap industri yang menjadikan adanya tuntutan performa yang baik dari pekerja. Akan tetapi, guna mencapai performa yang baik, perlu adanya kesesuaian antara pekerja dengan sistem kerja yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesesuaian serta risiko yang ditimbulkan antara pekerja pengguna komputer dengan aspek lainnya dalam suatu sistem kerja di empat departemen PT. NTP. Desain studi yang digunakan adalah desktiptif analitik dengan pendekatan observasional yang mengacu pada standar AS/NZS 4360:2004 untuk proses identifikasi dan analisis risiko. Penelitian ini juga dilengkapi dengan pengukuran peralatan kerja, pencahayaan, penilaian level risiko pekerjaan terhadap Musculoskeletal Disorder (MSDs), serta survey keluhan pada anggota tubuh pekerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar task yang dilakukan pekerja pengguna komputer beresiko sangat tinggi, serta didukung dengan sebagian besar peralatan kerja dan lingkungan yang tidak sesuai standar. Untuk itu diperlukan upaya pengendalian secara ergonomi yang sebaiknya dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan maupun oleh pihak pekerja itu sendiri. Kata Kunci: Pekerja Pengguna Komputer, Ergonomi, Identifikasi dan Analisis Risiko, Peralatan Kerja, Pencahayaan, Level Risiko Pekerjaan, Survey Keluhan Progress in the development of the worldwide increase the competitiveness of each industry that makes a good performance demands of the workers. However, in order to achieve good performance, the need for conformity between the workers and the working system is concerned. This study aims to identify and analyze the suitability and also the risks posed between computer users working with other aspects of a system work in four departments of Nusantara Turbin Propulsi Company. The study design used is analytic descriptive with observational approach which refers to the standard AS / NZS 4360: 2004 for the risk identification and analysis. This study is also equipped with a measurement of work tools, lighting, risk level of tasks related to Musculoskeletal Disorder (MSDs), as well as a survey of complaints of the worker's body. The results of this study indicate that the majority of computer users tasks are very high risk, and is supported by unstandardized work tools and lighting. Ergonomic control efforts should be made by the management company or by the workers themselves. Keywords: Computer Users, Ergonomics, Risk Identification and Risk Analysis, Work Tools, Lighting, Risk Level of Tasks, Survey of Complaints
Read More
S-8584
Depok : FKM-UI, 2015
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Daden Areistheika Dhelinthe; Pembimbin: Ridwan Zahdi Sjaaf; Penguji: Indri Hapsari Susilowati, Istiati Suraningsih
Abstrak:
Perkembangan teknologi yang pesat membuat hampir semua aktifitas manusia berhubungan erat dengan berbagai macam alat dan mesin. Tidak terkecuali dalam dunia industri yang terus berkembang pesat seiring dengan perkembangan manusia. Namun dalam interaksi antara manusia, mesin dan lingkungan tempat kerja terdapat berbagai risiko yang dapat menimbulkan penyakit akibat kerja (PAK) ataupun kecelakaan bagi manusia. Salah satu penyakit akibat kerja yang kerap diderita oleh pekerja adalah penyakit yangberkaitan dengan otot serta rangka, atau lebih dikenal dengan MusculoskeletalDisorders (MSDs). Penelitian ini dilakukan pada pekerja produksi Rumah PotongAyam (RPA) X Kota Bogor tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk melihatfaktor risiko MSDs pada tubuh bagian atas dan gejala MSds yang dialami olehpekerja. Metode penelitian ini adalah semi kuantitatif dengan desain crosssectional. Responden berjumlah 30 orang pekerja produksi yang berada di lokasiBojong Bawah. Tingkat risiko ergonomi dinilai dengan menggunakan RapidUpper Limb Assessment (RULA) dan Quick expossure Checklist (QEC). Penilaian menggunakan RULA mendapatkan hasil 2 tahapan pekerjaan (16,7%) termasuk dalam kategori medium atau masuk action level 2, 5 tahapan pekerjaan (41,7%)termasuk dalam kategori high atau masuk action level 3 dan 5 tahapan pekerjaan lainnya (41,7%) termasuk dalam kategori very high atau masuk action level 4.Penilaian menggunakan QEC mendapatkan hasil 5 tahapan pekerjaan (41,7%)termasuk dalam kategori high atau masuk action level 3 dan 7 tahapan pekerjaan lainnya (58,3%) termasuk dalam kategori very high atau masuk action level 4.Nordic Body Map (NBM) digunakan untuk mengetahui keluhan MSDs yangdirasakan pekerja dan didapatkan hasil 100% pekerja mengeluhkan mengalami gejala MSDs. Keluhan terbanyak dirasakan adalah pegal dan rasa sakit pada tubuhbagian atas pekerja seperti bahu, pinggang, punggung dan juga pergelangantangan.Kata Kunci: RULA, QEC, Tingkat Risiko, Ergonomi, Keluhan MusculoskeletalDisorders (MSDs), Nordic Body Map (NBM), Rumah Potong Ayam (RPA).
Read More
S-8064
Depok : FKM UI, 2014
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Padhanta Ginting; Pembimbing: Chandra Satrya; Penguji: Hendra, Henny D. Mayawati
S-8266
Depok : FKM UI, 2014
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Yudi Riandika; pembimbing : Hendra; Penguji: Meily Kurniawidjaja, Heny D Mayawati
Abstrak:
Pekerja yang menggunakan komputer berisiko menderita keluhan ComputerVision Syndrome (CVS). Keluhan CVS dapat menimbulkanketidaknyamanan dan penurunan produktivitas kerja. Tujuan dari penelitianini adalah untuk menjelaskangambaran faktor-faktor risiko CVS yang terdiridari faktor individu, faktor lingkungan, faktor komputer dan faktor proseskerja pada pekerja yang menggunakan komputer di PT. Sukabumi TradingCoy. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif yang menggambarkan faktor-faktor risiko pada 15 responden.Hasil penelitian menunjukan 60%responden menderita CVS, 83,3% responden perempuan menderita CVS,75% responden yang menggunakan kacamata menderita CVS, 50%responden yang jarak penggunaan komputer tidak sesuai menderita CVS dan 53,85% responden yang memiliki tingkat pencahayaan meja kerja yangtidak sesuai menderita CVS . Diperlukan perbaikan lingkungan kerja dan perhatian lebih kepada pekerja untuk mencegah terjadinya keluhan CVS. Kata Kunci :Computer Vision Syndrome (CVS), faktor individu, faktor lingkungan, faktor komputer ̧ faktor proses kerja.
Workers who use computers at risk of suffering from complaints ComputerVision Syndrome (CVS). Complaints CVS can cause discomfort anddecreased work productivity. The purpose of this study is to clarify thepicture of CVS risk factors consisting of individual factors, environmentalfactors, factors computer and work process factors in workers who use acomputer at PT. Sukabumi Trading Coy. This type of research is descriptivethat describes the risk factors in 15 respondents. The results showed 60% ofrespondents suffer from CVS, 83.3% of women suffer from CVSrespondents, 75% of respondents make use of glasses suffer CVS, 50% ofrespondents who use computers are not appropriate distance suffers CVSand 53.85% of respondents who have a work desk lighting levels CVSincompatible suffer. Necessary repair work environment and more attentionto workers to prevent complaints CVS.Key words :Computer Vision Syndrome (CVS), individual factors,environmental factors, computer factors, factor computer work processes.
Read More
Workers who use computers at risk of suffering from complaints ComputerVision Syndrome (CVS). Complaints CVS can cause discomfort anddecreased work productivity. The purpose of this study is to clarify thepicture of CVS risk factors consisting of individual factors, environmentalfactors, factors computer and work process factors in workers who use acomputer at PT. Sukabumi Trading Coy. This type of research is descriptivethat describes the risk factors in 15 respondents. The results showed 60% ofrespondents suffer from CVS, 83.3% of women suffer from CVSrespondents, 75% of respondents make use of glasses suffer CVS, 50% ofrespondents who use computers are not appropriate distance suffers CVSand 53.85% of respondents who have a work desk lighting levels CVSincompatible suffer. Necessary repair work environment and more attentionto workers to prevent complaints CVS.Key words :Computer Vision Syndrome (CVS), individual factors,environmental factors, computer factors, factor computer work processes.
S-8491
Depok : FKM-UI, 2014
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Dinda Dwi Apriliani; Pembimbing: Zulkifli Djunaidi; Penguji: Candra Satrya, Muhammad Irwansyah
Abstrak:
Skripsi ini membahas tentang gambaran kesesuaian pelaksanaan sistem tanggapdarurat di Mall Grand Galaxy Park dalam upaya program tanggap darurat jikaterjadi kebakaran. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan studi deskripstif yangmenggunakaan dua jenis teknik pengumpulan data, yaitu data primer berupawawancara dan observasi serta data sekunder berupa telaah dokumen. Tujuanpenelitian ini yaitu untuk melakukan penilaian terhadap sistem tanggap darurat diMall Grand Galaxy Park Tahun 2016 dengan mengacu pada standar NFPA 1600Tahun 2013: Standard on Disaster/Emergency Management and BusinessContinuity Programs. Hasil dari penelitian ini diharapkan agar manajemen malldapat melakukan tinjauan atas saran yang diberikan agar meningkatkan sistemtanggap darurat yang dimiliki serta melihat kesesuaian penggunaan NFPA 1600Tahun 2013: Standard on Disaster/Emergency Management and BusinessContinuity Programs dalam menilai sistem tanggap darurat pusat perbelanjaan.Kata kunci : Sistem Tanggap Darurat, NFPA 1600 Edisi 2013, KeadaanDarurat/Bencana, Bahaya Kebakaran
This thesis discusses the assessment of emergency response system in case of firein Grand Galaxy Park Mall. This study is a qualitative study that uses two types ofdata collection techniques, which are primary data in the form of interviews andobservations and secondary data from the study documents. The purpose of thisstudy is to assess the emergency response system in the Grand Galaxy Park Mall2016 with reference to the NFPA 1600 2013 Edition: Standard onDisaster/Emergency Management and Business Continuity Programs. The resultsof this study are expected in order to mall management can conduct a review ofthe advice given to improve their emergency response system and to see theappropriateness of using NFPA NFPA 1600 2013 Edition: Standard onDisaster/Emergency Management and Business Continuity Programs in assessingthe emergency response system of shopping center.Keywords: Emergency Response Systems, NFPA 1600 2013 Edition,Emergency/Disaster, Fire Hazard.
Read More
This thesis discusses the assessment of emergency response system in case of firein Grand Galaxy Park Mall. This study is a qualitative study that uses two types ofdata collection techniques, which are primary data in the form of interviews andobservations and secondary data from the study documents. The purpose of thisstudy is to assess the emergency response system in the Grand Galaxy Park Mall2016 with reference to the NFPA 1600 2013 Edition: Standard onDisaster/Emergency Management and Business Continuity Programs. The resultsof this study are expected in order to mall management can conduct a review ofthe advice given to improve their emergency response system and to see theappropriateness of using NFPA NFPA 1600 2013 Edition: Standard onDisaster/Emergency Management and Business Continuity Programs in assessingthe emergency response system of shopping center.Keywords: Emergency Response Systems, NFPA 1600 2013 Edition,Emergency/Disaster, Fire Hazard.
S-9284
Depok : FKM-UI, 2017
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
