Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query :: Simpan CSV
Sasanti Ayu Ningrum; Pembimbing: Trini Sudiarti; Penguji: Asih Setiarini, Salimar
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan mediator perilaku danperilaku konsumsi buah dan sayur siswa setelah mengikuti workshop yangdidesain dengan kerangka perencanaan theory-based nutrtition educationContento. Dari tahap prosedur yang dilakukan, mediator yang terlibat adalahpengetahuan, sikap, norma subjektif, hasil yang diharapkan, keyakinan diri, danniat perencanaan, dengan teori modifikasi dari Theory of Planned Behavior,Health Belief Model, dan Polytheoretical Model. Desain penelitian adalah kuasieksperimental dengan sasaran 51 siswa kelas V yang dibagi dalam kelompokperlakuan dan kontrol. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan mediator yangsignifikan, namun peningkatan perilaku konsumsi tidak signifikan. Tidak adaperbedaan yang signifikan antara peningkatan pada kelompok perlakuan dankelompok kontrol, namun pencapaian indikator keberhasilan kelompok perlakuanlebih baik dibandingkan kelompok kontrol.Kata kunci :Mediator, perilaku, konsumsi, buah, sayur, theory-based.
Read More
S-8920
Depok : FKM-UI, 2016
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Alfu Nikmatul Laily; Pembimbing: Sandra Fikawati; Penguji: Diah Mulyawati Utari, Fajrinayanti
Abstrak:
Studi ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh workshop gizi dengan rancanganTheory-Based Nutrition Education dari Contento, dalam meningkatkan mediatorperilaku dan menurunkan asupan kalori. Setelah protokol dilakukan, mediatorperilaku yang berhasil diidentifikasi adalah pengetahuan, sikap, self efficacy danniat, sedangkan teori yang digunakan merupakan modifikasi dari PolytheoricalModel, Personal Food System, dan Theory of Planned Behaviour. Metode quasi-eksperimental dilakukan selama 1 bulan pada 48 responden dewasa (25-54 tahun)dengan status gizi lebih (IMT≥ 23 kg/m2) yang bekerja sebagai PNS DinasKesehatan di 2 kantor yang telah dibagi menjadi 2 kelompok yaitu perlakuan dankontrol. Hasil menunjukkan adanya peningkatan mediator yang bermakna(p=0.0005) serta perubahan perilaku yang signifikan (p=0.003) setelah intervensi.Perbandingan antar 2 kelompok menunjukkan kebermaknaan peningkatanmediator (p=0.002) namun tidak pada perilaku. Secara garis besar, kelompokperlakuan mempunyai pencapaian indikator keberhasilan yang lebih tinggidaripada kelompok kontrol.Kata kunci: gizi lebih, kalori, mediator, perilaku, theory-based.
Read More
S-9156
Depok : FKM-UI, 2016
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
