Hasil Pencarian :: Kembali

Ditemukan 39877 dokumen yang sesuai dengan query ::  Simpan CSV
cover
Ito Leiliana Warnani Harahap; Pemb. Fatmah; Penguji: Trini Sudiarti, Ahmad Syafiq, Hardinsyah, Een Nuraeni
T-3943
Depok : FKM UI, 2013
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Nunung Nurhasiah; Pembimbing: Asih Setiarini; Penguji: Wahyu Kurnia Yusrin Putra, Dwiretno Yuliarti
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku sarapan sehat pada siswa sekolah dasar setelah mendapatkan intervensi dengan menggunakan media leaflet dan video. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan video sebagai kelompok perlakuan dan leaflet sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan kepada 43 siswa sekolah dasar kelas V yang terdiri dari kelompok leaflet berjumlah 23 siswa dan kelompok video berjumlah 20 siswa. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan 4 kali yang terdiri dari 1 kali pre test dan 3 kali post test selama 4 minggu dengan menggunakan kuesioner dan form food recall 24 jam. Uji statistik yang digunakan yaitu t test independent, chi square, dan ANOVA.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku di dalam masing-masing kelompok setelah dilakukan intervensi. Sementara untuk peningkatan rata-rata skor pengetahuan dan skor sikap setelah intervensi pada kelompok video lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok leaflet. Sedangkan untuk persentase perilaku sarapan sehat diantara kedua kelompok tidak terdapat perbedaan yang bermakna (p>0,05).

Kata Kunci: Sarapan Sehat, Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Leaflet, Video
The purpose of this research is to understand the change of knowledge, attitude, and behavior of healty breakfast on elementary school students after being intervened by leaflet and video. Research design is quasy experiment with video as treatment group and leaflet as control group. This experiment implemented to 43 5th grade student in elementary school which leaflet group consist of 23 persons and video group consist of 20 persons. This research has 4 times data retrieval which is consist of 1 pre test and 3 post test in 4 weeks using questionnaire and form food recall 24 hours. The statistic experiment that used for this research is t test independent, chi square, and ANOVA.

The research result shown that there are enhancements of knowledge, attitude, and behavior in each group after the intervention. While the average score enhancement of video group is higher compared to leaflet group. But percentage of healthy breakfast behavior between the two groups was not significant be difference (p>0,05).

Keywords: Attitude, Behavior, Healthy Breakfast, Knowledge, Leaflet, Video
Read More
S-9055
Depok : FKM UI, 2016
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Nur Intania Sofianita; Pembimbing: Ratu Ayu Dewi Sartika; Penguji: Kusharisupeni, Ella Nurlela Hadi, Resty Kiantini, Erry Sriyanti
T-3197
Depok : FKM-UI, 2010
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Ikha Deviyanti Puspita; Pembimbing: Ahmad Syafiq; Penguji: Sandra Fikawati, Asih Setiarini, Itje Aisah Ranida, Rahmawati
Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk melihat retensi pengetahuan, sikap, dan perilaku pasca pelatihan gizi seimbang pada tahun 2012 dengan jumlah responden penelitian sebanyak 669 orang yang terdiri dari siswa kelas 5 dan 6 dari 10 SD terpilih di Kota Depok, Jawa Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2012, menggunakan metode campuran (mixed methode) atau mengkombinasikan kualitatif dan kuantitatif dengan desain crossectional. Analisis yang digunakan adalah Uji T dan analisa kualitatif. Hasil penelitian ini ialah terdapat perbedaan perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi seimbang Post test I dan Post test II terhadap pengetahuan total gizi seimbang (p=0,000), pengetahuan sumber zat gizi (p=0,000), pengetahuan fungsi zat gizi (p=0,000), sikap total gizi seimbang (p=0,000), sikap konsumsi (p=0,000), sikap tabu dan persepsi (p=0,000), sikap olah raga dan air putih (p=0,000), praktik gizi seimbang (p=0,000), perilaku sarapan (p=0,000), dan perilaku frekuensi (p=0,001). Sikap dan perilaku gizi seimbang Post test II terhadap pendidikan Ayah (p=0,000). Pengetahuan gizi seimbang Post test II terhadap pekerjaan Ibu (p=0,000). Serta, perubahan perilaku total gizi seimbang Post test II terhadap pendidikan Ibu (p=0,000). Selain itu, paparan informasi gizi seimbang yang dilakukan 1 semester 2 kali oleh guru mempengaruhi retensi pengetahuan dan sikap ke arah positif, sedangkan untuk aspek perilaku belum sepenuhnya terlihat. Siswa kelas 5 dan 6 mempunyai retensi baik setelah 16 bulan diberikan intervensi pengetahuan dan sikap gizi seimbang, namun untuk retensi perilaku belum sepenuhnya terlihat perubahan ke arah positif. Agar retensi perilaku gizi seimbang dapat meningkat, maka direkomendasikan untuk menambah frekuensi pembelajaran melalui media yang mudah diingat siswa secara berkesinambungan di lingkungan SD maupun orangtua siswa dan membuat pedoman membaca Pedoman Gizi Seimbang.


 This aims study to see the retention of knowledge, attitudes, and behavior of after nutrition balanced education in 2012 with the number of survey respondents as many as 669 people consisting of students in grade 5 and 6 of the 10 selected Elementary Schools in the Depok city, West Java. The study was conducted in March through May 2012, using mixed methods or a combination of qualitative and quantitative with crossectional design. The analysis used T test and qualitative analysis. The results of this study is that there are differences significant in changes in knowledge, attitudes, and behavior of balanced nutrition post test I and post test II for total balanced nutrition knowledge (p = 0.000), knowledge of nutrient sources (p = 0.000), knowledge of nutrient function (p = 0.000), total balanced nutrition attitude (p = 0.000), consumption attitudes (p = 0.000), taboo attitudes and perceptions (p = 0.000), attitude and water sports (p = 0.000), the practice of balanced nutrition (p = 0.000 ), the behavior of breakfast (p = 0.000), and the behavior of the frequency (p = 0.001). Attitudes and behavior of balanced nutrition post test II's for education father (p = 0.000). Balanced nutrition knowledge post test II to work mother (p = 0.000). As well, total behavior change post test II balanced nutrition for mother education (p = 0.000). In addition, exposure to information balanced nutrition made 1 semester 2 times by the teacher affects the retention of knowledge and attitude towards positive, while for the behavioral aspects not yet fully visible. Students grades 5 and 6 have good retention after 16 months of intervention provided balanced nutrition knowledge and attitudes, but for the retention behavior is not fully visible change in the positive direction. So that the retention behavior of balanced nutrition can be improved, it is recommended to increase the frequency of learning through the media that is easy to remember the students on an ongoing basis within the school and the parents of students and make reading the guidelines Balanced Nutrition Guidelines.

Read More
T-3623
Depok : FKM-UI, 2012
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Kristin Helena Ratnaningsih; Pembimbing: Sandra Fikawati; Penguji: Asih Setiarini, Adhi Darmawan Tato
S-9482
Depok : FKM UI, 2017
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Ridho Fathan Anandri; Pembimbing: Triyanti; Penguji: Wahyu Kurnia Yusrin Putra, Eti Rohati
Abstrak:
Latar belakang: Prevalensi anemia pada remaja putri Indonesia berumur 5-14 tahun adalah 16,3%. Akan tetapi, berdasarkan penelitian terkait kepatuhan minum TTD, dari 274 remaja putri Kota Depok menunjukan bahwa masih 54,4% remaja putri yang tidak mengonsumsi TTD. Tingginya prevalensi anemia pada remaja dapat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, sikap, dan perilaku yang tepat mengenai anemia. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media komik strip dan leaflet terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku terkait penccegahan anemia pada pengguna Instagram pada siswi SMPN Depok terpilih tahun 2024. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimental yang melibatkan 70 responden. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan adanya perubahan pengetahuan pada masing-masing kelompok, dengan peningkatan pengetahuan yang paling tinggi pada kelompok komik strip. Namun, peningkatan sikap dan perilaku hanya didapatkan pada kelompok komik strip. Kesimpulan: Komik strip pada penelitian ini mampu meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku terkait pencegahan anemia lebih baik dibandingkan leaflet.

Background: The prevalence of anemia in Indonesian adolescent girls aged 5-14 years is 16.3%. However, based on research related to adherence to drinking TTD, of 274 teenage girls in Depok City, it shows that 54.4% of teenage girls do not consume TTD. The high prevalence of anemia in adolescents can be caused by a lack of knowledge, attitudes and appropriate behavior regarding nutrition. Objective: The aim of this research is to determine the effect of comic strip and leaflet media on knowledge, attitudes and behavior related to preventing anemia among Instagram users among female students at SMPN 13 Depok and SMPN 5 Depok in 2024. Method: This research uses a quasi-experimental research design with primary data obtained from 70 respondents. Results: The results of this study showed that there was a change in knowledge in each group, with the highest change in knowledge in the comic strip group. However, changes in attitudes and behavior were only found in the comic strip group. Conclusion: Comic strips in this study were able to increase knowledge, attitudes and behavior related to anemia prevention better than leaflets.
Read More
S-11670
Depok : FKM-UI, 2024
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Dipo Wicaksono K; Pembimbing: Ahmad Syafiq; Penguji: Asih Setiorini, Dien Anshari, Bagus Satrio Utomo, Elmy Rindang Turhayati
T-4212
Depok : FKM UI, 2014
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Anggita Apriliani Dewi; Pembimbing: Engkus Kusdinar Achmad; Penguji: Ahmad Syafiq, Witrianti
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pengetahuan tentang gizi seimbang pada siswa kelas V SD setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media leaflet dan video. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan dua kelompok perlakuan. Penelitian ini dilakukan kepada 46 siswa kelas V di SDN terpilih. Kelompok leaflet berjumlah 24 siswa dan kelompok video berjumlah 22 siswa. Pengambilan data penelitian dilakukan sebanyak 4 kali, yang terdiri dari 1 kali pre test dan 3 kali post test untuk melihat retensi pengetahuannya. Uji statistik yang digunakan yaitu t berpasangan untuk menganalisi perubahan di dalam masing-masing kelompok dan uji t independen untuk melihat perbedaan antara kelompok serta hubungan karakteristik responden dengan tingkat pengetahuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan pengetahuan dan penurunan retensi pada masing-masing kelompok (p<0,05), dengan penurunan retensi pengetahuan yang paling sedikit yaitu pada kelompok video dibandingkan kelompok leaflet.

Kata Kunci : Leaflet, Media, Pengetahuan Gizi, Retensi, Video

The Purpose of this research is to understand the change of knowledge nutrition among studenst class 5 in elementary public school after being given tha intervention by using leaflet and video media. Design study that is used is quasy experiment with two treatment group. This research is aplicated to 46 students of the 5th grade in several Elementary School in Bekasi City. Leaflet group consists of 24 students and video group consists of 22 students. Tha data is taken 4 times in each group, included 1 pre test and 3 post test to observe the knowledge retention. The statistic test that is used is t test dependent to analyze the retention scor change within group and t independent to analyze the differences scor between groups and the relationship of characteristics of respondents to the level of knowledge. The result of this research shows the change of knowledge retention in each group (p<0,05), with decreased retention of knowledge is in video group compared to leaflet group.

Keywords : Leaflet, Media, Nutrition Knowledge, Retention, Video
Read More
S-9898
Depok : FKM UI, 2019
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Fairuz Wardaty; Pembimbing: Siti Arifah Pudjonarti; Penguji: Asih Setiarini, Adhi Dharmawan Tato
S-6277
Depok : FKM UI, 2010
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Nisa Nurul Jannah; Pembimbing: Ahmad Syafiq; Penguji: Asih Setiarini, Adhi Dharmawan Tato
Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perubahan pengetahuan,sikap, dan perilaku gizi seimbang pada pengguna Facebook Indonesia denganmedia teks, komik dan video. Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperimendengan teks sebagai kontrol. Penelitian ini dilakukan kepada 84 respondenterpilih. Kelompok teks berjumlah 25 orang, kelompok komik berjumlah 28orang, dan kelompok video berjumlah 31 orang. Pengambilan data dilakukansebanyak 3 kali selama 4 minggu yang terdiri dari 1 kali pre test dan 2 post test.Uji statistik yang digunakan untuk menganalisis hasil perubahan pada setiapkelompok adalah ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatanpengetahuan pada kelompok teks, peningkatan pengetahuan pada kelompokkomik, dan peningkatan pengetahuan dan sikap pada kelompok video (p<0,05).
Kata Kunci : Gizi Seimbang, Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Teks, Komik, Video.
Read More
S-9146
Depok : FKM UI, 2016
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive