Hasil Pencarian :: Kembali

Ditemukan 29512 dokumen yang sesuai dengan query ::  Simpan CSV
cover
Mohamad Edi, Sulanto Saleh Danu, Riris Andono Ahmad
JMPK Vol.07, No.01
Yogyakarta : UGM, 2004
Indeks Artikel Jurnal-Majalah   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Darniyanti; Pembimbing: Ilyas, Yaslis
M-567
[s.l.] : [s.n.] : s.a.]
D3 - Laporan Magang   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Yuni Fitriani; Pembimbing: Budi Hidayat; Penguji: Atik Nurwahyuni, Pujiyanto, Sufiyati, Firmansyah
Abstrak:
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara mendalam dan telaah dokumen untuk menganalisa penyebab klaim Pending jaminan kesehatan nasional di RS Bakti Timah Karimun Tahun 2022. Hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat menjadi acuan untuk perbaikan layanan dan manajemen klaim jaminan kesehatan nasional di RS Bakti Timah Karimun dikemudian hari.

This research is an observational/non-experimental study with qualitative data collection using in-depth interviews and document review to analyze the causes of delays in national health insurance claims at Bakti Timah Karimun Hospital in 2022. The results of this study are expected to be a reference for service and management improvements. claims for national health insurance at the Bakti Timah Karimun Hospital in the future.
Read More
B-2310
Depok : FKM-UI, 2023
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
T-964
Depok : FKM-UI, 2001
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Fitriandina; Pembimbing: Wiku Bhakti Bawono Adisasmito; Penguji: Ronie Rivany, Juianto Laila
Abstrak: Jumlah pelaporan IKP terutama insiden kesalahan obat menurun dari tahun ketahun, namun hasil keluhan pasien menunjukkan adanya insiden yang terindikasisebagai kesalahan yang tidak terlaporkan kepada tim KPRS. Tujuan utama daripenelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhipelaporan insiden kesalahan obat di Rumah Sakit X. Desain penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif dengan cara cross sectional yang menggunakan 190 tenagaklinis sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan instrument dari 2 kuesioneryaitu kuesioner faktor-faktor penghambat pelaporan yang dimodifikasi daribeberapa penelitian dan kuesioner budaya keselamatan pasien hasil terjemahandari publikasi AHRQ. Pernyataan-pernyataan yang valid dan reliabilitas baik yangdigunakan untuk menilai tenaga klinis. Sebagai hasil penelitian, seluruh faktorpenghambat pelaporan memiliki hubungan yang bermakna terhadap pelaporaninsiden kesalahan obat di Rumah Sakit X. Dimensi budaya keselamatan pasienyang mempengaruhi pelaporan insiden di Rumah Sakit X antara lain dukunganmanajemen, umpan balik kesalahan, dan kerjasama dalam unit. Namun, dukunganmanajemen memiliki pengaruh paling besar terhadap pelaporan insiden di RumahSakit X.Kata kunci : keselamatan pasien, kesalahan obat, pelaporan insiden, faktorpenghambat pelaporan, budaya keselamatan pasien.
Read More
B-1761
Depok : FKM-UI, 2016
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Nadya Islamiati; Pembimbing: Vetty Yulianty Permanasari; Penguji: Helen Andriani, Teuku Nebrisa Zagladin
Abstrak: Salah satu jenis pelayanan di rumah sakit yang paling banyak dikunjungi danmembutuhkan waktu untuk mengantre adalah pelayanan farmasi. Hingga saat ini waktutunggu pelayanan resep obat yang belum sesuai dengan standar yang telah ditetapkanoleh Pemerintah melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129 Tahun 2008, yaitu ≤30 menit untuk obat non racikan dan ≤ 60 menit untuk obat racikan masih seringditemukan dalam penyelenggaraan pelayanan farmasi di rumah sakit. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab dari lamanya waktutunggu pelayanan resep obat pasien rawat jalan di instalasi farmasi rumah sakit diIndonesia. Penelitian ini menggunakan desain literature review yang dilakukan denganmenganalisis hasil studi yang telah tersedia sebelumnya. Dari hasil pencarian yangdilakukan melalui database PubMed, Proquest, Google Scholar, Universitas IndonesiaLibrary dan FKM UI Library, ditemukan sebanyak 18 artikel mengenai faktor-faktorpenyebab lamanya waktu tunggu pelayanan resep obat pasien rawat jalan di instalasifarmasi rumah sakit di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama waktutunggu pelayanan resep obat pasien rawat jalan di instalasi farmasi dari satu rumah sakitke rumah sakit lainnya berbeda-beda, hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan padastatus pasien dan jenis resep obat yang dilayani. Faktor-faktor yang dapat menyebabkanlamanya waktu tunggu pelayanan resep obat pasien rawat jalan di instalasi farmasirumah sakit di Indonesia sangat bervariasi dan saling berkaitan satu sama lain,diantaranya adalah sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kebijakan dan standaroperasional prosedur, persediaan obat-obatan, serta status pasien.Kata kunci:Faktor Penyebab, Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat, Farmasi Rumah Sakit,Indonesia
One of the most visited type of hospital services that requires time to queue is pharmacyservice. Until now the waiting time for prescription drug services that are not inaccordance with the standards set by the Government through Keputusan MenteriKesehatan Nomor 129 Tahun 2008, which is ≤ 30 minutes for non-concoction drugs and≤ 60 minutes for concoction drugs are still frequently found in pharmacy servicearrangements in hospitals. This research aims to determine the causal factors of thelength of waiting time for outpatient prescription drug services at hospital pharmacyinstallations in Indonesia. This research applied literature review designs that wereconducted by analyzing the previous studies results. From the search result that wasdone through PubMed, Proquest, Google Scholar, Universitas Indonesia Library, andFKM UI Library databases, 18 articles about the causal factors of the length of waitingtime for outpatient prescription drug services at hospital pharmacy installations inIndonesia were found. The result of the study showed that the waiting time foroutpatient prescription drug services at the pharmacy installation from one hospital toanother hospital was differ, it was due to differences in patient status and types ofprescription drugs served. The factors that cause the length of waiting time foroutpatient prescription drug services at hospital pharmacy installations in Indonesia veryvaried and relate to each other, such as human resources, facilities and infrastructure,policies, standard operating procedure, availability of medicine, and patients status.Keywords:Causal Factor, Waiting Time for Prescription Drug Service, Hospital Pharmacy,Indonesia.
Read More
S-10435
Depok : FKM-UI, 2020
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Bambang Antariksa Gunawan; Pembimbing: Suprijanto Rijadi
S-2025
Depok : FKM UI, 2000
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Nurkasna Wahyuni; Pembimbing: Adang Bachtiar; Penguji: Purnawan Junadi, Faiq Bahfen, Dumilah Ayunigtyas
B-1214
Depok : FKM UI, 2010
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Nizma Martiana Rifa; Pembimbing: Vetty Yulianty Permanasari; Penguji: Jaslis Ilyas, Sumijatun
Abstrak: Kekurangan perawat telah menjadi masalah dunia selama beberapa tahun. Tidak hanya diIndonesia, peningkatan angka turnover perawat juga menjadi tantangan kritis yangdihadapi oleh berbagai negara seperti Kanada, Cina, Jerman, Skotlandia, Inggris danAmerika Serikat, khususnya dalam penelitian ini dibahas mengenai Indonesia, Cina,Jepang, Filipina, Ethiopia, Korea dan Amerika Serikat. Memahami kondisi mengenaifaktor-faktor yang mempengaruhi turnover intention pada perawat merupakan hal yangpenting bagi setiap rumah sakit di berbagai negara yang mengalami kekurangan perawat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan denganturnover intention (keinginan pindah kerja) perawat di Rumah Sakit sebagai upaya yangdapat dilakukan dalam meminimalisir tingkat turnover di Rumah Sakit di Indonesia danjuga di beberapa negara lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yangbersifat deskriptif analitik. Metode yang digunakan adalah literature review. Jenis datayang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui pencarian studi yangdilakukan dengan memanfaatkan hasil penelitian-penelitian yang sudah ada sebelumnyadan teori-teori yang berkaitan dengan topik. Analisis pada penelitian ini bersifat deskriptifanalitik. Kriteria inklusi pada penelitian ini adalah penelitian dengan semua jenis metodeyang dapat menjawab topik, menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris pada10 tahun terakhir. Kriteria eksklusi penelitian ini yaitu penelitian lebih dari 10 tahun, sertapenelitian yang tidak dapat menjawab pertanyaan penelitian. Hasil dari informasi yangdidapatkan dari studi literatur akan diuraikan dalam bentuk tabel hasil dan juga narasi.Dibutuhkan lagi penelitian yang dilakukan di rumah sakit pemerintah agar didapatkanperbandingan antara faktor yang menjadi penyebab turnover intention pada perawat dirumah sakit swasta dengan di rumah sakit pemerintah. Karena terdapat salah satupenelitian yang menyebutkan bahwa salah satu faktor penyebab dari tinggi nya angkaturnover perawat di rumah sakit tersebut adalah karena perawat yang keluar telah diterimasebagai pegawai negeri di rumah sakit pemerintah.
The shortage of nurses has been a world problem for several years. Not only in Indonesia,increasing nurse turnover is also a critical challenge faced by various countries such asCanada, China, Germany, Scotland, Britain and the United States, particularly in this studydiscussed about Indonesia, China, Japan, the Philippines, Ethiopia, Korea and the UnitedStates. Understanding the conditions regarding the factors that influencing nurse turnoverintention is important for every hospital in various countries that experience nurseshortages. This study aims to determine the factors associated with nurse turnoverintention at the hospitals as an effort that can be done in minimizing turnover rates inhospitals in Indonesia and also in several other countries. This study uses a qualitativeapproach that is descriptive analytic. The method used is literature review. The type ofdata used is secondary data obtained through research studies conducted by utilizing theresults of pre-existing studies and theories related to the topic. The analysis in this researchis analytic descriptive. The inclusion criteria in this study are research with all types ofmethods that can answer the topic, using Indonesian and English in the last 10 years. Theexclusion criteria for this study were more than 10 years of research, also the research thatcould not answer research questions. The results of the information obtained from thestudy of literature will be described in the form of a table of results and also narrative.Research conducted in government hospitals is needed to make a comparison between thefactors causing turnover intention of nurses in private hospitals and government hospitals.Because there is one study which states that one of the factors causing the high turnoverrate of nurses at the hospital is because the nurses who leave have been accepted as civilservants in government hospitals.
Read More
S-10393
Depok : FKM UI, 2020
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Novita Suryawati; Pembimbing: Kurnia Sari; Penguji: Agus Rahmanto, Helen Andriani
Abstrak: Waktu tunggu pelayanan resep rawat jalan merupakan salah satu indikator pelayananmutu di instalasi farmasi yang seringkali tidak terpenuhi waktu tunggu pelayanan reseprawat jalan. Berdasarkan SPM yang tercantum dalam Kepmenkes RI Nomor:129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Waktutunggu obat jadi (non racikan) adalah ≤30 menit. Sedangkan waktu tunggu pelayananobat racikan adalah ≤60 menit. Penelitian ini dilakukan untuk melihat penyebab danlama waktu tunggu pelayanan resep di instalasi farmasi rawat jalan rumah sakit. Jenispenelitian ini adalah literature review yang dilakukan pada kepustakaan jurnal danpenelitian asli dengan rentang waktu studi adalah 10 tahun, dipublikasikan pada tahun2011 hingga 2020. Metode pencarian data menggunakan data online dengan databaseyang digunakan adalah PubMed, Scopus, Science Direct, Garuda, Google Scholar, danLib FKM UI, serta Lib UI.
Read More
S-10331
Depok : FKM-UI, 2020
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive